Gubernur Longki Jelajahi Dunia Digital Smart City Nusantara

  • Whatsapp
Gubernur Kunjungi Laboratorium Smart City Nusantara Telkom
banner 728x90

Kunjungi Laboratorium Smart City Nusantara Telkom

JAKARTA- Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Djanggola kunjungi laboratorium Smart City Nusantara, PT.Telkom Indonesia, Senin (30/9). Kunjungan kerja Gubernur ini merupakan upaya mendukung  dalam penerapan e-government dan membangun infrastruktur telekomunikasi di provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur didampingi Kepala Dinas Kominfo Farida Lamarauna, Sekretaris Dewan, Tuty Zarfiana, Kadis Perindag Sulteng Richard Arnaldo Djanggola, Kadis Capilduk Sulteng Abd. Haris Yotolembah  dan Karo Humas Protokol Moh. Haris Kariming, serta Karo Hukum Yopie.

Rombongan Gubernur disambut GM Local Govermant Service Telkom bidang Pemerintahan  Ianto dan Kepala Wilayah Telkom Sulteng.

Di era industri digital, Telkom menawarkan layanan sebagai sebuah solusi smart city dalam bentuk Smart City Government atau Smart City Nusantara.

“Kami memberikan informasi dan edukasi kepada pemerinta daerah mengenai pentingnya digitalisasi dalam sitem kepemerintahan. Sehingga implementasi IT dalam tata kelola pemerintah semakin terarah dan transparan,” terang Ianto, dalam sambutannya di Living Lab Smart City Nusantara.

Secara garis besar layanan Smart City menurut Ianto, smart government, smart industri, smart citizen. Gubernur diperkenalkan tiga layanan ini dengan berbagai aplikasi yang mudahkan dalam melakukan pelayanan publik.

Smart government dipaparkan tim teknisnya, memiliki aplikasi meliputi Command Center, E-Kelurahan, E-Puskesmas, SIAP online, Absen online, Smart Industry meliputi Pajak Hotel & Restoran online, Smart Citizen.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Longki mengapresiasi trip bersama Telkom memperkenalkan layanan aplikasi yang dapat membantu dalam pelayanan kepada masyarakat, dengan harapan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kunjungan tersebut diharapkan bisa disosialisaikan ke OPD-OPD untuk bisa diaplikasikan.

“Terkait penerapan jika memungkinkan untuk setiap perangkat kerja, diserahkan sepenuhnya kepada OPD, disesuaikan dengan kebutuhan. Yang terpenting kita bisa belajar dan tidak ketinggalan dengan teknologi yang ada saat ini,” ungkap Gubernur.

Sebelum menjelajahi aplikasi smart city yang ditawarkan, Gubernur berkesempatan mengisi buku tamu digital dan diakhir melihat langsung server utama yang dilengkapi dengan sistem pengaman data.

“Dengan integrasi digital Sulteng kuat, Sukteng bagkit, masyarakat jangan gaptek,” testimoni Gubernur mengakhiri kunjungannya di Laboratorium smart city Nusantara.

Sumber: Biro Humas Pemprov Sulteng

Berita terkait