Warek Untad Meminta Mahasiswa Tetap Jaga Keutuhan Pancasila

  • Whatsapp
Untad Peringati Hari Kesaktian Pancasila (01/10)
banner 728x90

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Tadulako (Untad), Dr Ir Sagaf M,P, mengatakan dengan adanya peringatan hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 ini, sebagai momentum utama kita dapat mengambil hikmah, bahwa betapa pancasila yang selama berjalannya bangsa ini diganggu, dinodai dan seterusnya dalam sejarah bangsa.

“Mahasiswa kita harus mengambil hikmah, bahwa sampai dengan saat ini pancasila merupakan sesuatu yang sakti bagi kita, dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Dr Sagaf usai mengikuti Upacara Apel Hari Kesaktian Pancasila dilingkup Untad, yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan Dr Nur Ali.

Dr Sagaf melanjutkan, Sampai saat ini bangsa tetap tumbuh dan berkembang sesuai dengan cita-cita Proklamasi Republik Indonesia.

“Saya kira, mahasiswa harus dan tetap menjaga keutuhan pancasila, dan memang kita sebagai orang tua, sebagai pimpinan, senantiasa memberikan pengetahuan, pengertian, serta mengingatkan kepada kita tentang filosofi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Dan itu, adalah kewajiban kita semua, karna mereka lahir di zaman kemerdekaan yang tidak merasakan bagaimana mempertahankan Pancasila, sebagi sesuatu yang merekatkan dan membina keutuhan bangsa, kata dia.

“Jadi merupakan tanggung jawab kita untuk menyampaikan, mendidik mereka secara baik dan tertanam secara baik dan benar,” pungkasnya. ***

Reporter: Yohanes Clemens

Berita terkait