Wabup Donggala Buka MTQ Ke-VI Kec. Sindue

  • Whatsapp
banner 728x90

Donggala,- Wakil Bupati (Wabup) Donggala Moh. Yasin, S. Sos membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-VI Tingkat Kecamatan Sindue Tombusabora yang ditandai dengan penekanan tombol sirene, bertempat di Desa Tibo Kecamatan Sindue Tombusa Bora, Kamis (28/11/2019).

Sebelum acara dimulai, tampil tarian tradisional Kota Wisata Donggala, dimana para penari tersebut merupakan putra/putri terbaik dari sekolah SMP 1 dan SMA 1 Sindue Tombusabora.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat.

“Kita meyakini dengan Haqqul  Yakin akan mampu menciptakan dan menghadirkan suasana yang memberi kesejukkan batin bagi seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Sindue Tombusabora,

yakinlah, Al-Qur’an merupakan obat penawar untuk jalan keluar atas segala permasalahan kehidupan yang kita hadapi, baik sebagai individu, masyarakat maupun pemerintah,” ujarnya

Olehnya itu ia mengajak agar kegiatan  MTQ tersebut, dijadikan sebagai momentum bukan hanya sekedar membaca Al-Qur’an tetapi setiap gerak dan langkah  dalam menjalani kehidupan  senantiasa  sejalan dengan tuntutan Al-Qur’an dan sebagai forum silaturahmi.

Diakhir sambutannya ia  berharap agar pelaksanaan MTQ tersebut dapat berkontribusi dalam STQ tingkat Kabupaten Donggala di Kecamatan Dampelas dan ia juga berharap kepada setiap kafilah dari setiap desa untuk bersungguh-sungguh dengan penuh semangat untuk mengikuti MTQ .

Sehingga kelak terdapat peserta terbaik dari Kecamatan Sindue Tombusabora yang mewakili Kabupaten donggala pada kegiatan MTQ tingkat Provinsi bahkan sampai ke tingkat Nasional.

Aswin A Labaco selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ tingkat Kecamatan Sindue Tombusabora mengusung tema “Dengan MTQ Ke-VI Tingkat Kecamatan Sindue Tombusabora kita aktualisasikan nilai-nilai universal Al-Qur’an sebagai pencerah kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun dan damai”, tuturnya.

Ia juga melaporkan bahwa MTQ kali ini,  mempertandingkan Enam cabang lomba putra/putri. Diikuti oleh 6 desa yang ada di Wilayah Kecamatan Sindue Tombusabora yaitu: Desa Saloya dengan jumlah kafilah 50 Orang dan mengikuti 4 cabang lomba putra/putri, Desa Batusuya Go’o dengan jumlah kafilah 30 orang dan mengikuti 6 cabang lomba putra/putri, Desa Batusuya dengan jumlah kafilah 11 orang dan mengikuti 3 cabang lomba putra/putri, Desa Kaliburu Kata dengan jumlah kafilah 11 orang dan mengikuti 5 cabang lomba putra/putri, Desa Kaliburu dengan jumlah kafilah 27 orang dan mengikuti 6 cabang lomba putra/putri dan Desa Tibo dengan jumlah kafilah 25 orang dan mengikuti 6 cabang lomba putra/putri.

Sementara Camat Sindue tombusabora Argumi Firdaus, S. Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa MTQ merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an karena Al-Qur’an juga merupakan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi dewasa ini bagi umat islam, terutama bagi anak-anak dan genersi muda.

Untuk itu, Ia berharap adanya panggilan moral dari orang tua, guru, Ustadz/Ustadza, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk bersama-sama mendorong dan memotivasi agar anak-anak dan generasi muda untuk belajar Al-Qur’an serta memakmuran mesjid dengan berbagai aktivitas. Sehingga ke depan akan lahir generasi yang mencintai mesjid dan gemar membaca Al-Qur’an.

Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Sindue Tombusabora turut dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sekretaris Dinas Pora Kabupaten Donggala,  Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Donggala, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. dan Forkopimda yang ada di Wilayah Kecamatan Sindue Tombusabora. ***

Reporter: Syamsir Hasan

Berita terkait