202 Mesin Katinting Berbahan Bakar Elpiji Diserahkan Kepada Nelayan Teluk Palu

  • Whatsapp
banner 728x90

Dalam upaya memenuhi peralatan dalam melakukan penangkapan ikan pasca bencana alam, pemerintah Kota Palu menyalurkan bantuan 202 unit Mesin Katinting berbahan dasar gas elpiji kepada nelayan Teluk Palu.

Bertempat di jalan Komodo, Kamis (5/12/2019) penyerahan bantuan yang berasal dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia bersama PT. Pertamina, disaksikan langsung oleh Walikota Palu, Hidayat, didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Palu, Burhan Hamading.

“Mesin ini merupakan bantuan dari Kementerian ESDM RI, namun upaya-upaya kita dalam hal ini juga dibantu oleh Sekretaris Utama BNPT, Marsma TNI Dr. Asep Adang Supriyadi yang merupakan kawan saya sewaktu menempuh pendidikan Lemhanas dulu,” ungkap Wali kota.

Menurutnya, jumlah bantuan mesin katinting diserahkan saat ini, dinilai masih kurang untuk memenuhi sekitar 815 nelayan yang memiliki identitas Kartu Nelayan berdasarkan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Palu.

Olehnya, Walikota Palu bersama dinas terkait, berencana akan mengajukan kembali permohonan bantuan mesin katinting berbahan bakar gas tersebut, kepada Kementerian ESD RI, sebanyak 250 unit.

“Pascabencana, sudah ada 300 lebih kita adakan perahu dengan dana APBD kita. Namun ada 250 perahu yang belum memiliki mesin. Olehnya kita harap Kementerian ESDM bisa membantu lagi para nelayan di kota Palu,” harapnya.

Wali kota berharap bantuan mesin katinting tersebut, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para nelayan sebagai modal utama dalam mencari nafkah bagi keluarganya pasca bencana tanggal 28 September 2018 silam.***

Sumber: Humas Pemkot Palu/Firmansyah Lawawi

Berita terkait