Rapat Forkopimda Plus Bahas Berbagai Kegiatan Pemprov Kedepan

banner 728x90

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si. selaku Pimpinan Rapat menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran  unsur Forkopimda untuk menghadiri Rapat Forkopimda Plus yang akan membahas beberapa hal antara lain. Persiapan Pelaksanaan Pemilukada di Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020, Kedua Mengetahui Persiapan Pemerintah dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 dan Ketiga terkait dengan Pengawasan Tenaga Kerja Asing dan Orang Asing.

Gubernur saat itu menyampaikan bahwa NPHD untuk pelaksanaan Pemilu Kada, untuk KPU, Panwaslu, TNI/Polri sudah ditandatangani sehingga alokasi dana untuk pelaksanaan, Pengawasan dan Pengamanan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur tidak ada lagi permasalahan, tetapi dari segi persiapan pelaksanaan perlu disampaikan baik oleh KPU dan Panwaslu, kata Gubernur dalam rapat yang berlangsung di ruang Kerja Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (12/12/2019).

Berita Lainnya

Ketua KPU Propinsi Sulawesi Tengah, Tanwir Lamaling, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur yang sudah menandatangi NPHD untuk dana pelaksanaan Pemilihan Gubernur. Selanjutnya Ketua KPU juga menyampaikan bahwa Kabupaten dan Kota Palu yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 sudah menandatangani NPHD dana Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah. Kalau di Total Nilai NPHD Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, 7 daerah Kabupaten dan ditambah 1 Kota Palu, Total NPHDnya mencapai 422.342 M.

Saat ini KPU sudah melakukan tahap sosialisasi syarat calon Perseorangan dan Tahap pembentukan Ad Hoc PPK dan pada tanggal 15 Desember akan dilounching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Selanjutnya Ketua Panwas Propinsi Ruslan Husain menyampaikan bahwa tahapan pengawasan Pilkada sudah pada tahap rekruitmen anggota Panwas Kecamatan, sehingga sampai dengan saat ini untuk persiapan pelaksanaan Pemilu Kada tidak ada masalah, Demikian Juga Penjelasan Kapolda dan Danrem 132 Tdl menyampaikan bahwa dari segi pengamanan siap untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada di Propinsi Sulawesi Tengah. 

Selanjutnya Gubernur Sulawesi Tengah Drs. Longki Djanggola, M.Si menyampaikan bahwa untuk persiapan pelaksanaan Pemilukada Propinsi dan Kabupaten dan Kota Palu sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan.

Rapat dilanjutkan membahas persiapan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 dan Juga membahas Tentang Pengawasan Tenaga Kerja Asing dan Orang Asing. Setelah mendengarkan penjelasan Danrem 132 Tadulako, Kapolda yang diwakili Wakapolda, Kabinda , OPD Teknis seperti, Pertamina, Bulog, PLN, Dinas Perhubungan, Dinas Nakertrans dan KemenKumHam sehingga menyimpulkan Bahwa Persiapan Pemerintah  Daerah didalam Perayaan Natal dan Tahun Baru Tahun 2020 sudah berjalan dengan baik  dan dari segi keamanan dan kewilayahan sudah siap dan dari sisi ketersediaan bahan Pokok Pemerintah sangat mencukupi dan pengendalian harga-harga kebutuhan Pokok terkendali dengan baik, selanjutnya dari sisi PLN daya Listrik Surplus tetapi tetap diharapkan PLN dapat mengantisipasi bilamana ada gangguan alam khususnya daerah daerah tertentu. Demikian juga dengan ketersediaan BBM agar Pertamina terus memastikan adanya ketersediaan BBM dan Tim pengawasan Penyaluran BBM dapat mengambil langkah langkah kongkrit agar tidak terjadi antrian pembelian BBM di SBPU khususnya Antrian Truk untuk pembelian Solar.

Gubernur juga menegaskan agar Dinas Nakertrans dapat lebih tegas kepada PT. IMIP. bahwa batas tenaga kerja asing hanya diperbolehkan 10% dari jumlah tenaga kerja yang ada dan diharapkan PT. IMIP dapat memberikan pelatihan kepada Tenaga Kerja Lokal sesuai dengan kebutuhan PT. IMIP. Sehingga kedepan tidak ada alasan lagi untuk PT. IMIP bahwa Tenaga Kerja Lokal belum memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan. Gubernur pada kesempatan itu meminta Koordinasi antara Dinas Nakertrans dan Imigrasi guna akurasi data Tenaga Kerja Asing yany ada di PT IMIP. *** 

Sumber: Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60