Wagub Sulteng Lepas Kontingen Lasqi ke Jakarta

  • Whatsapp
banner 728x90

Secara resmi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusli Baco Dg Palabbi, S.Sos, SH, MH melepas kontingen Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Sulawesi Tengah pada festival seni qasidah tingkat nasional ke-24 tahun 2019 di DKI Jakarta, bertempat di Gedung Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jumat (13/12/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menyatakan pelepasan kontingen Lasqi Sulawesi Tengah merupakan komitmen pemerintah daerah dan DPW Provinsi Sulawesi Tengah kepada para peserta yang telah berprestasi di tingkat daerah, yang meraih juara pada event festival bintang vokalis qasidah gambus tingkat provinsi di Kota Palu yang lalu.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan pelepasan dan pemberangkatan kontingen Provinsi Sulawesi Tengah di ajang nasional di Jakarta yang akan dimulai pada tanggal 16 sampai 20 Desember 2019.

Untuk itu pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada peserta dan pelatih yang telah selesai melaksanakan kegiatan pelatihan kepada para peserta.

“Saya harap kepada peserta, pelatih dan official untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya pada event nasional ini, sehingga dapat tampil dengan prima dan juga maksimal,” sebut wakil gubernur

Menurutnya, mencari predikat juara bukanlah substansi satu-satunya dari penyelenggaraan event tersebut, melainkan lewat ajang seni qasidah dapat mengungkapkan budaya suatu bangsa sekaligus dapat menampung dan menumbuhkan daya cipta para seniman-seniwati qasidah dalam rangka memperkuat jati diri bangsa. Selain itu juga meningkatkan apresiasi dan kreativitas seni di kalangan masyarakat muslim.

Lebih lanjut Wakil Gubernur menyatakan seni Qasidah merupakan refleksi dan ekspresi yang dibarengi dengan penghayatan dalam menyampaikan cita rasa kemanusiaan lewat segala aspeknya. Apakah aspek sosial dan tuntutan dakwah maupun aspek lainnya yang penuh dengan makna.

“Mari jadikan festival ini sebagai ajang silaturahmi antar peserta, jadikan satu kebersamaan dalam berbagi pengalaman di bidang seni qasidah untuk dapat dikembangkan di daerah masing-masing,” jelas wakil gubernur.

Sebelumnya, Ketua DPW Lasqi Sulawesi Tengah, Drs. H. Baharuddin HT menyampaikan festival seni qasidah tingkat nasional ke-24 tahun 2019 di DKI Jakarta akan berlangsung 16 hingga 20 Desember 2019.

Untuk itu, kafilah Lasqi Sulawesi Tengah akan mengikuti 3 cabang perlombaan yakni bintang vokalis, rabbana klasik serta kolaborasi.

Kontingen Sulawesi Tengah pada beberapa perlombaan sebelumnya telah mengukir sejumlah prestasi bahkan beberapa kali mendapatkan prestasi sebagai juara umum.***

Sumber: Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulteng

Berita terkait