Aktif Berikan Pelatihan Dasar Selam, LANAL Palu Harapkan Pemuda Parimo Jaga Kelestarian Alam

  • Whatsapp
banner 728x90

Parigi,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu, hingga kini masih aktif memberikan pelatihan selam dasar. Tidak hanya untuk jajaran internal Lanal Palu, bahkan para pemuda dan pemudi juga dilatih sebagai langkah pembinaan.

Sebagai contoh adalah pelaksanaan pelatihan selam dasar yang dilaksanakan di Pantai Desa Lebo Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Minggu (16/2/2020).

Pelatihan selam dasar antara Lanal Palu bersama Pos TNI AL (Posal) Parimo, Keluarga Besar Lanal Palu dan Saka Bahari Binaan Lanal Palu serta pemuda Desa Lebo tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni sejak hari Minggu hingga Senin, 15-16 Februari 2020.

Bertindak sebagai Instruktur selam yang merupakan pelatih dari Lanal Palu adalah Kapten Laut (T) Hari Sujarwo yang sehari-harinya bertugas sebagai Pgs Paspotmar Lanal Palu sekaligus sebagai pembina pemuda dan pemudi Bahari di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya wilayah kerja Lanal Palu.

Selama dalam pelatihan, para peserta diberikan materi dan praktek selam, diantaranya pengecekan, pengisian peralatan dan tabung selam, teori serta pengetahuan alat selam.

“Untuk praktek, ada pemanasan fisik di darat dan di air, praktek masker clearing dan snorkel clearing, praktek menyelam SCUBA dikedalaman 1–2 meter, dan praktek menyelam di kedalaman 5 meter” kata Hari Sujarwo.

Ditambahkannya, rasa syukur dan ucapan terima kasih disampaikan kepada Komandan Lanal Palu Letkol Laut (P) Rahadian Rahmadi, SE, M.Tr. Hanla, yang telah memberikan kesempatan kepada anggota keluarga besar Lanal Palu untuk menggelar pelatihan selam dasar.

“Kami tentunya menyampaikan terima kasih kepada anggota Saka Bahari Binaan Posal Parimo dan pemuda di Desa Lebo yang telah mengikuti kegiatan Selam Dasar, semua ini tidak lepas dari kesempatan yang sudah diberikan oleh Bapak Danlanal selaku pimpinan” ungkap Hari Sujarwo.

Kapten Laut (T) Hari Sujarwo juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah bertujuan untuk membekali peserta latihan dengan kemampuan selam dasar, agar bisa melihat dan menyaksikan anugerah Sang Pencipta, yakni kekayaan sumber daya alam bawah laut di wilayah Indonesia pada umumnya, terlebih khusus di Desa Lebo.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap agar wawasan tentang kelautan menjadi tolak ukur, sehingga kita senantiasa bisa selalu menjaga kelestarian alam bawah laut yang merupakan anugerah dari Sang Pencipta” jelasnya.

Dalam kegiatan selam dasar itu, diikuti oleh Pasintel Lanal Palu Mayor Laut (P) Aspiono Torohula, Pasminlog Lanal Palu Mayor Laut (T) Warsono, Kapten Laut (T) Anang Budi Santoso, dan Kapten Laut (T) Toni Restu Bintoro.

Turut hadir Danposal Parimo, Letda Laut (P) Aditya Nugroho dan Keluarga Besar Lanal Palu, Pemuda-Pemudi Saka Bahari Binaan Lanal Palu, dan pemuda Desa Lebo.***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait