Menjaga DAS, Pelajar di Dongi-Dongi Lakukan Penanaman Pohon

  • Whatsapp

Poso,- Masyarakat Dongi-Dongi yang tergabung dalam Forum Petani Merdeka (FPM) membudayakan menanam pohon untuk Generasi Muda. Kegiatan ini melibatkan anak-anak Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) didaerah itu.

Saat ditemui Kailipost di Ngata Katuvua Dongi-Dongi, Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso beberapa hari yang lalu, Irzan Ketua FPM Dongi-Dongi mengatakan dalam kegiatan ini mereka melibatkan siswa SD dan SMP.

“Kami melibatkan anak-anak sekolah, menanam pohon ini tujuannya membangun jiwa untuk menjaga bumi.” ucapnya.

Lanjut Irzan, Kemudian yang di tanam jenis kemiri, aren, kayu-kayuan jumlahnya sekitar seribu Pohon dengan jarak penanaman sepuluh meter.

Penanaman pohon dilakukan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), hal itu dilakukan untuk membudayakan menanam pohon kepada Generasi Muda dan kedepan Dongi-Dongi bisa menjadi tempat untuk wisata alam.

Sementara itu Firda,S.Pd seorang Guru SMP di Dongi-Dongi Saat ditemui usai penyerahan secara simbolis Pohon yang akan di tanam siswanya, mengatakan bahwa anak didiknya sudah terbiasa menanam pohon dan menjaga lingkungan.

“Anak anak disini mencintai lingkungan, banyak kegiatan yang dilakukan menanam pohon membersihkan danau tauji. “ Katanya.

Aril, Siswa SMP Dongi-Dong yang juga mengikuti kegiatan itu mengungkapkan bahwa penanaman pohon bertujuan untuk menjaga lingkungan.

“Menanam pohon tujuannya agar tidak terjadi longsor,” Ungkapnya***

Reporter: Arman Seli

Pos terkait

banner 580x60