Gubernur Tambah Daftar RS Rujukan Covid-19 di Sulteng, Total menjadi 12 RS

  • Whatsapp
Gubernur Sulteng, Drs. Longki Djanggola, M.Si mengadakan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Senin (16/03). Foto: Rahmat/Kailipost

Palu,- Perkembangan virus Corona di Indonesia telah meningkat tajam terkonfirmasi pada Minggu (15/03) pasien yang terjangkit telah mencapai angka 117 orang.

Virus Corona dikenal dengan Covid-19 merupakan penyakit infeksi pernafasan yang dimulai dengan gejala demam dan batuk kering dan menyebabkan sesak nafas setelah satu minggu terinfeksi.

Untuk itu sebagai langkah antisipasi pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/169/2020 menetapkan 132 RS di 34 provinsi di seluruh Indonesia untuk menjadi Rujukan kasus corona.

Di Sulawesi Tengah sendiri dalam keputusan tersebut ada 5 RS yang menjadi rujukan pasien Covid-19. Yakni RSUD Undata Palu, RSUD Luwuk Kab. Banggai, RSU Mokopido Toli-toli, RSUD Kolonedale dan RSU Anutapura Palu.

Pada tanggal 16 Maret 2020 melalui Surat Edaran Gubernur Nomor :443/141/DIS.KES tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tengah, dalam poin ke-17 daftar Rumah Sakit rujukan Corona bertambah menjadi 12 dari sebelumnya 5 RS.

Adapun 7 tambahan RS tersebut yaitu RSUD madani Prov. Sulteng, RSU Wirabuana Palu, RSU Bhayangkara Palu, RSU Alkhaairat Sis Aljufri Palu, RSU Samaritan, RSU Budi Agung Palu dan RSU Word Ward Palu.

Pemerintah Sulteng juga menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksakan diri ke Dokter, Puskesmas dan RS terdekat jika menderita gejala demam dan batuk yang disertai sesak nafas dan juga bagi masyarakat yang telah melakukan perjalanan ke daerah yang terjangkit Covid-19.

Pemerintah Sulteng juga menyediakan call center di nomor PSC 119/0811404119 jika mengalami atau melihat tanda-tanda gejala Covid-19 dilingkungan sekitar tempat tinggal/tempat kerja. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait