SDC Morowali Gelar Pelatihan Peningkatan SDM Kader Konservasi Berbasis Desa Wisata

  • Whatsapp

Morowali,- Sombori Diving Club (SDC) Morowali melalui rekomendasi Bupati Morowali, berkeliling pulau-pulau untuk melatih kader Konservasi Desa Wisata seputaran Pulau Sombori.

Ketua SDC Morowali Kasmudin mengatakan, bahwa memasuki minggu ketiga tanggal 27 Februari-1 Maret 2020, schedule pelatihan jatuh di Desa Pulau Tiga.

Semangat para pemuda, putra-putri Morowali sangat berkeinginan mempersiapkan masyarakat Morowali agar kedepan bisa menghadapi laju perkembangan zaman.

“Tanpa skill dan SDM, tentunya potensi SDA di wilayah Kabupaten Morowali kemungkinan terbesar akan dikelola oleh orang dari luar, pihak investor bahkan turis asing. Olehnya itu melalui kegiatan ini selain dihidangkan materi-materi pelatihan dan simulasi, masyarakat juga diberikan praktek langsung cara merehabilitasi kembali ekosistem terumbu karang yang rusak, menanam kembali karang laut yang telah rusak dengan metode transplantasi. Potensi kekayaan Desa Pulau Tiga yang selama ini terpendam akhirnya bisa terangkat” jelas Kasmudin.

Sementara, Kepala Desa Pulau Tiga Ahyar mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat daripada pelatihan atau study banding yang biasa dilakukan.

“Inovasi seperti ini yang kami harapkan, seperti yang dilakukan pemuda SDC dengan berbekalkan lisensi internasional, sangat tidak di ragukan lagi para pemateri dan assesor sekelas Kasmudin dan assesor Rahmat Naga, mereka memang berkompeten dibidang rehabilitasi ekosistem, pemanduan wisata, serta peningkatan skill menyelam khusus wilayah Desa Wisata Bahari” ungkapnya.

Selain materi dan simulasi, lanjut Ahyar, masyarakat juga dididik langsung untuk kreatif dalam menanam dan merehabilitasi kembali karang yang rusak akibat bom ikan dan bius.

“Saya yakin Insya Allah dengan berbekalkan skill yang telah didalami beberapa hari pelatihan dan juga pendampingan khusus ini, akan terus berkelanjutan. Masyarakat Desa Pulau Tiga akan siap bersaing kedepannya untuk bisa menjadi pulau yang ramah lingkungan dan percontohan wisata bahari ke depan” urainya.

Koordinator perjalanan Mohammad Fadli yang telah dipercayakan menjadi Ketua Panitia kegiatan keliling pulau, mengatakan bahwa peningkatan SDM keliling pulau tersebut akan dituntaskan sampai akhir bulan Maret mendatang.

“Pulau Tiga dengan kekayaan potensi wisatanya, Insya Allah ke depan akan menjadi barometer pulau persinggahan spot, karena memiliki keunikan tersendiri sebelum lanjut melakukan perjalanan ke Sombori Island” tandasnya.***

Reporter: Bambang Sumantri

Berita terkait