Berita Sore: 2 kali Gempa Guncang Donggala

banner 728x90

Sulteng, – Siang ini wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali di guncang gempa, Minggu (24/05/2020). Hingga pukul 15.00 WITA, setidaknya sudah dua kali terkonfirmasi gempa dengan pusat berada pada Kabupaten Donggala

Gempa pertama gempa terjadi di Teluk Tambu, sekitar pukul 12.35 WITA. Dengan berkekuatan Magnitudo 2,3 SR, berlokasi di koordinat 0.01 Lintang Selatan (LS) dan 119.78 Bujur Timur (BT).

Bacaan Lainnya

Pusat gempa tersebut berada 12 km arah barat Tambu, dan dengan kedalaman 5 km serta termasuk kategori gempa dangkal karena hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi.

Berselang 120 menit, gempa kedua terjadi di Teluk Lambonga, sekitar pukul 14.32 WITA. Dengan berkekuatan Magnitudo 2,4 SR, berlokasi di koordinat 0.17 Lintang Selatan (LS) dan 119.80 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa tersebut berada 5 km dari utara Tompe, dan dengan kedalaman 5 km serta termasuk kategori gempa dangkal.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah gempa tersebut saling berkaitan, walau berada pada jalur patahan sesar yang sama harus menunggu konfirmasi dari BMKG.

Diketahui, kedua gempa yang terkonfirmasi dipastikan tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang ditimbulkan gempa.

Informasi mengenai gempa tersebut dikutip Redaksi kailipost.com dari Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Palu.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Jangan terpancing dengan isu berita yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa dan tsunami. Dan tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan.***

Reporter : Indra Setiawan

banner 300x90

Pos terkait

banner 580x60