Covid 19: 131 Jamaah Rapid Test di Tolitoli

  • Whatsapp
banner 728x90

Toli-toli,– Ijtima Ulama di Pakatto Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sedang menjadi sorotan luas di berbagai Daerah termasuk di Kabupaten Tolitoli.

Hal tersebut dikarenakan ada sejumlah Jamaah Tabligh (JT) dari sejumlah daerah terinfeksi virus corona (Covid-19) usai mengikuti kegiatan tersebut beberapa waktu lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tolitoli Arham A. Jacub, SH menyebutkan bahwa berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tolitoli tercatat ada sebanyak 237 orang telah mengikuti kegiatan itu.

“Sebagai upaya antisipasi, pihak Dinkes Tolitoli melalui tenaga medis di 15 Puskesmas sejak awal April lalu secara intens melakukan tracing (penelusuran) kepada seluruh JT yang ada,” kata Jubir.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan screaning awal untuk mendeteksi antibodi melalui Rapid Test. Sampai dengan hari Rabu (06/05) ini, tercatat sudah sebanyak 131 orang yang selesai Rapid Test dan terhadap yang 106 orang sisanya akan terus dilakukan.

“Dari 131 orang tersebut terkonfirmasi reaktif hasil rapid test sebanyak 9 orang sedangkan selebihnya 122 orang seluruhnya negatif,” papar Jubir.

Lebih lanjut, Arham menjelaskan bahwa dari 9 orang JT yang sudah terkonfirmasi positif Rapid Test itu, 8 orang saat ini sedang menjalani karantina di fasilitas karantina yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Sedangkan 1 orang lagi sedang menjalani perawatan intensif di ruang isolasi RSUD Mokopido karena hasil pemeriksaan sampel swabnya terkonfirmasi positif,” tandasnya. ***

Sumber: Prokopim Setdakab Tolitoli

Foto: Ilustrasi

Berita terkait