Berita Pagi: Gempa (M) 3,4 Terjadi di Teluk Tomini (Touna)

  • Whatsapp
banner 728x90

Touna,- Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), bermagnitudo (M) 3,4 terjadi di Kabupaten Tojo Una-una (Touna). Pusat gempa diketahui berada di laut.

Sepekan sebelumnya, pada periode 29 Mei sampai 05 Juni 2020 wilayah Sulteng telah terjadi 31 gempa bumi yang tercatat BMKG, ini menunjukkan aktifitas seismik sangat aktif di Sulteng karena memang terdapat banyak sesar.

Informasi yang dikutip langsung dari Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Palu menginformasikan gempa terjadi pada Sabtu (06/06/2020) pagi sekitar pukul 05.28 WITA. Pusat gempa berada 44 km arah timur Katogop (Kabupaten Touna).

Gempa tersebut berada di kedalaman 21 km dengan lokasi gempa ada di koordinat 0.21 Lintang Selatan dan 122.78 Bujur Timur yang termasuk kategori gempa dangkal karena hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi.

Terkonfirmasi gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diterbitkan pihak BMKG belum merilis laporan lebih lanjut mengenai dampak yang telah ditimbulkan gempa.

Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari BMKG. Jangan terpancing dengan isu berita yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa dan tsunami serta tetap waspada dengan adanya potensi gempa susulan. ***

Reporter: Indra Setiawan

Titik Pusat Gempa. Ft: BMKG Stageof Palu

Berita terkait