Gerhana Matahari Cincin di Palu Hari ini Berlangsung Hampir Dua Jam

  • Whatsapp
Foto: Gerhana matahari cincin di youtube kaili tv

Palu,- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika (Stageof) Kelas I Palu memprediksi, gerhana matahari cincin yang akan teramati di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), khususnya untuk wilayah Kota Palu, pada Minggu 21 Juni hari ini akan berlangsung hampir dua jam.

“Di Kota Palu kontak awal dengan gerhana terjadi pada pukul 15.30 WITA, puncak gerhana pada pukul 16.29 WITA dan kontak terakhir pada pukul 17.21 WITA,” kata Kepala BMKG Stageof Kelas I Palu, Cahyo Nugroho kepada kailipost.com, Sabtu (20/06).

Dengan demikian, durasi Gerhana Matahari Cincin yang akan teramati sebagai Gerhana Matahari Sebagian itu untuk wilayah Kota Palu berdurasi selama 1 Jam 51 Menit.

Jika biasanya gerhana matahari menyebabkan banjir rob akibat gaya gravitasi matahari, untuk kali ini Cahyo Nugroho menyampaikan tidak akan berdampak signifikan terhadap pasangnya air laut.

“Menurut kami, gerhana kali ini tidak akan berdampak signifikan hingga menyebabkan banjir rob di pesisir-pesisir pantai,” tandasnya. ***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait