Terbang Perdana, Penumpang Membludak di Palu

  • Whatsapp
Calon Penumpang di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu membludak/ft: Moh Nizamulhaq
banner 728x90

Palu,- Sesuai dengan kebijakan dinas perhubungan (Dishub), dengan kegiatan penerbangan yang akan kembali beroprasi pertanggal 1 Juni 2020, Bandara Mutiara Sis-Aljufrie Palu, hari ini Rabu (03/06/2020) sudah milai dipadati oleh penumpang.

Namun, penerbangan kali ini jauh berbeda dengan penerbangan sebelumnya. Hal ini dalam rangka untuk memutuskan mata rantai covid-19. Kegiatan penerbangan di Bandara Mutiara Sis-Aljufrie Palu dibatasai 50% dari jumlah penumpang sebelumnya, seadngkan tujuan penerbangan yang dibuka baru tujuan Kota Palu-Makassar, serta Palu-Jakarta dan sebaliknya.

Kepala Bandara Sis Aljufrie Palu, Ubaidilla, S.E., M.T menjelaskan, di Bandara Mutiara Sis Aljufrie Palu saat ini baru maskapai Garuda Indonesia saja yang beroprasI dan untuk maskapai-maskapai pesawat lain masih belum beroprasi saat ini. “Calon penumpang harus memenuhi prosedur-prosedur kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, seperti berupa hasil tes swab.

Sedangkan, Juru bicara (Jubir) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr Jumriani, menjelaskan, Dinkes Sulteng akan menerima apabila masyarakat Sulteng, khususnya Kota Palu ingin mengurus surat keterangan kesehatan. Dan untuk tes-tes yang dilakukan saat mengurus surat keterangan kesehatan meliputi, tes Rapid hingga tes swab. Sedangkan, kata Dia, Dinkes Sulteng, tidak memungut biaya apapun dalam proses pengurusan surat kesehatan.


“Untuk masyarakat Kota Palu yang ingin melakukan perjalan ke luar daerah, agar mentaati peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti halnya pembuatan surat keterangan sehat, karena setiap daerah tidak mau terkontaminasi oleh wabah covid-19 ataupun menambah kasus covid-19 ini,” ungkapnya. ***

Reporter/editor: Muhamad Nizamulhaq/yohanes

Berita terkait