Gelar Lomba Domino, Bawaslu Tegur Tim Paslon H2P

  • Whatsapp
banner 728x90

Palu,- Bawaslu Kota Palu menegur tim pasangan calon (Paslon) Pilwalkot Palu nomor urut 3 Hidayat dan Habsa Yanti Ponulele (H2P) karena kedapatan telah menyelenggarakan lomba domino dibeberapa wilayah yang ada di Kota Palu.

Hal ini disampaikan langsung oleh pihak Bawaslu Kota Palu pada rapat terkait pemasangan APK-BK Rabu (13/10/2020) semalam. Pasalnya, di tengah pandemi salah satu fokus Bawaslu adalah antisipasi pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 yakni pengerahan massa.

Bacaan Lainnya

Dalam hal ini, perwakilan paslon nomor urut 3 mengaku bahwa, setiap larangan-larangan atau pelanggaran-pelanggaran yang telah ditetapkan oleh pihak KPU, telah disampaikan kepada seluruh tim pemenangan H2P. Tetapi terkait lomba domino yang dimaksud, pihaknya mengaku tak mengetahui pasti mengenai penyelenggaraannya.

“Saya sudah memberitahukan seluruh larangan-larangan atau pelanggaran-pelanggaran sesuai PKPU kepada seluruh tim pemenangan kandidat saya, sanksinya juga saya telah beritahu. Makanya saya sempat kaget mendengar telah digelarnya lomba domino ini,” ujar LO paslon urut 3 saat rapat berlangsung.

Ketua Bawaslu Palu, Ivan Yudharta menjelaskan bahwa, apabila teguran ini tidak diindahkan oleh tim pemenangan paslon nomor urut 3, maka Bawaslu mengancam akan memberikan hukuman pidana kepada pasangan H2P.

“Kalau teguran kami ini tidak diindahkan oleh pasangan H2P, maka kami akan kenai hukuman pidana. Karena sudah jelas dalam PKPU telah melarang penyelenggaraan lomba-lomba atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan dalam ajang Pilkada 2020 kali ini,” tandasnya. ***

Reporter: Muhamad Nizam

banner 780x80

Pos terkait

banner 780x80