Resmikan Gereja Jemaat Kalvari Watumaeta, Gubernur Ajak Cegah Covid-19 dan Sukseskan Pilkada

  • Whatsapp
banner 728x90

Poso,- Penantian 85 tahun Jemaat Kalvari Watumaeta akhirnya terjawab dengan pentahbisan dan peresmian gereja oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pada Jum’at pagi (16/10/2020), di Desa Watumaeta, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso.

Prosesi diawali dengan pembukaan tirai selubung papan nama gereja dan penandatanganan prasasti peresmian oleh gubernur serta disaksikan Ketua umum Sinode GKST Pendeta Jet Roson Rense, bersama pejabat terkait lingkup provinsi dan kabupaten Poso. Diantara pejabat provinsi, nampak Kepala Badan Kesbangpol Dr. Fachrudin Yambas, M.Si, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat Dra. Hj. Sitti Hasbiah, M.Si dan Kepala Biro Humas dan Protokol Drs. Moh. Haris. Sementara Pjs Bupati Poso saat itu diwakili oleh Inspektur Kabupaten Poso.

Gubernur pada sambutannya turut bersyukur dan bahagia terhadap peresmian gereja yang sudah lama dinantikan jemaat Kalvari Watumaeta. Jemaat pun diimbau agar memakmurkan gereja supaya kehadiran rumah Tuhan tidak sepi dari aktivitas kerohanian.

“Memakmurkan gereja ini dengan aktif mengisinya, dengan aneka kegiatan peribadatan dan sosial kemasyarakat,” pesan Gubernur agar semangat bergereja jemaat semakin meningkat.

Di bagian lain dari sambutan, Gubernur mengingatkan seluruh warga gereja jangan sampai menyepelekan wabah Covid-19 yang penderitanya terus bertambah dari hari ke hari seiring kasus-kasus transmisi lokal.

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada jemaat Kalvari Watumaeta agar tetap patuh dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan, pada khususnya gerakan 3M,” tegasnya supaya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) jadi kebiasaan baru jemaat.

Terakhir Ia mengajak jemaat berpartisipasi menyukseskan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Poso dan Gubernur-Wakil Gubernur Sulteng dengan menggunakan hak suaranya saat hari pemilihan (voting day) 9 Desember 2020.

“Jangan gara-gara covid-19, jemaat tidak mau ke TPS,” serunya supaya tidak golput karena alasan COVID-19. Gunakanlah hak suaramu agar pembangunan Sulawesi Tengah jadi lebih baik lagi,” pungkasnya menambahkan.

Senada dengan gubernur, Pdt Jet Roson Rense dalam sambutan singkatnya juga berharap gereja dapat dimanfaatkan dengan baik dalam memperkokoh iman spiritual jemaat terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan penuh kesabaran dan kepasrahan. Begitu pula dalam menatap perhelatan pilkada, Ia berpesan supaya jemaat tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Jangan sampai beda pilihan membuat kita tercerai berai,” imbuhnya agar jemaat Kalvari tetap bersatu walau beda pilihan.***

Sumber: Humpro Pemprov Sulteng

Berita terkait