Reshuffle Kabinet, Risma Hingga Sandi Uno Ditunjuk Jadi Menteri

  • Whatsapp
banner 728x90

Jakarta,- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020) sore secara virtual di Istana Negara.

Didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Presiden RI asal Kota Solo memperkenalkan 6 (enam) Menteri baru di kabinetnya. Dua di antaranya adalah Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno.

“Bersama Wakil Presiden dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin menyampaikan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi dalam live streaming YouTube Sekretariat Presiden sore ini.

Secara berturut-turut, Presiden Jokowi lantas mengenalkan keenam Calon Menteri baru secara bergantian.

Pertama, Jokowi memanggil Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu diberi mandat sebagai Menteri Sosial untuk menggantikan Juliari Batubara yang telah ditetapkan menjadi tersangka terkait kasus Bantuan Sosial (Bansos) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedua, Jokowi mengenalkan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Menteri terdahulu Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, Jokowi mengenalkan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Budi menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.

Keempat, Jokowi mengenalkan Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai Menteri Agama. Yaqut menggantikan posisi Fachrul Razi.

Kelima, Jokowi mengenalkan Wahyu Sakti Trenggono untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Keenam atau terakhir, Jokowi mengenalkan M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. M Lutfi menggantikan posisi Agus Suparmanto.

Presiden dan Wapres memperkenalkan enam Menteri baru untuk Kabinet Indonesia Maju/Foto: IST

Usai mengenalkan keenam Menteri barunya, Presiden ketujuh RI juga menginformasikan jadwal pelantikan Menteri baru tersebut yang agendakan digelar pada Rabu (23/12/2020) besok.

“Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore ini dan pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi. Saya rasa cukup penyampaian hari ini saya akhiri wassalamu’alaikum wr. wb.,” tutup Jokowi.***

Reporter: Indra Setiawan

Berita terkait