Kuswandi Segera Dicopot Dari Jabatan Ketua DPRD Morowali

Morowali,- Desas-desus pergantian Ketua DPRD Morowali, Kuswandi, semakin hangat menjadi bahan peebincangan di sejumlah tempat.

Pertanyaan muncul dari beberapa masyarakat terkait informasi tersebut karena seperti diketahui, Kuswandi adalah bagian penting dalam perkembangan nama besar Partai NasDem di Kabupaten Morowali.

Bahkan, Kuswandi juga merupakan suksesor pemenangan pasangan Taslim-Haji Najamudin (TAHAJUD) dalam Pilkada Morowali tahun 2018 lalu, sehingga pasangan tersebut melenggang duduk di kursi Bupati dan Wakil Bupati Morowali periode 2018-2023.

Dikonfirmasi Rabu (07/07/2021) mengenai hal itu, Ketua DPRD Morowali Kuswandi enggan memberikan penjelasan secara rinci. “Mohon maaf Kaka, saya bukan pengambil kebijakan, jadi silahkan tanyakan langsung ke petinggi partai yah” katanya via telpon seluler.

Terpisah, Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sulawesi Tengah, Atta Mahmud membenarkan adanya kabar tersebut. “Benar, Kuswandi segera diganti dan SK pergantian nya dari DPP sudah ada, penggantinya Herdianto” katanya.

Atha juga mengatakan bahwa Kuswandi adalah pimpinan DPRD asal NasDem ke 4 yang dirotasi setelah Sigi, Morut dan Balut.

“Pergantian pimpinan DPRD berkaitan dengan strategi partai dalam membangun kohesivitas antara Legislatif dan Eksekutif serta dengan partai itu sendiri, dan akan menyusul daerah lain” jelasnya.

Sementara, mantan Wakil Ketua I DPRD Morowali, H Silahudin Karim juga memberikan tanggapan. “Saya bukan lagi pengurus Partai NasDem, jadi saya tidak mengetahui kenapa hal ini terjadi. Mungkin itu adalah kebijakan partai yang dijadikan keputusan partai, tentunya ada hal-hal yang sangat serius yang merupakan pertimbangan partai sehingga dianggap urgen dilakukan rotasi jabatan pimpinan DPRD Morowali. Silahkan minta informasi kepimpinan Partai Nasdem Morowali ya, dan soal rotasi jabatan pimpinan DPRD adalah hal yang biasa-biasa saja. Jabatan DPRD itu adalah hak partai untuk menugaskan kadernya di lembaga DPRD” jelasnya.

Ditanyakan apa alasan partai terhadap pergantian Kuswandi, Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Morowali, Hi Najamuddin, yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Morowali, coba diminta tanggapannya, belum memberikan jawaban.***

Reporter: Bambang Sumantri

banner 728x90

Pos terkait