Banjir Bandang Rogo Sigi Rendam Puluhan Rumah

  • Whatsapp
Warga Rogo Sigi berusaha menyelamatkan barang-barang mereka yang terendam lumpur /Basri Marzuki
banner 728x90

SIGI,– Sedikitnya 73 rumah terdampak akibat banjir bandang yang melanda Desa Rogo Kabupaten Sigi Sulteng yang terjadi pada malam Senin (29/30/2021).

“Hampir semua rumah warga diporak-porandakan banjir. Ada 34 unit rumah rusak dan 39 terendam banjir. Yang paling parah di dusun I,” kata Kepala Desa Rogo Fuad Hudin.

Selain dusun I, banjir bandang juga menerjang dusun II dan IV. Meski tidak separah dusun I, ada 15 KK dusun II dan 16 di dusun IV yang harus mengungsi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Sementara di dusun I ada 62 yang terdampak, yang mengungsi ke rumah keluarga mereka di dusun terdekat. Dapur umum dan posko kesehatan sudah didirikan di Dusun II oleh pemerintah kabupaten,” terangnya.

Disamping itu tercatat ada sekira 77 kelompok rentan ikut terdampak. Yakni bayi 14 orang, balita 39.

“Ibu hamil 1 orang, lansia 19 dan penyandang disabilitas 4 orang,” sebut Fuad Husin dalam laporannya yang diterima media ini, Senin (30/8/2021).

Saat ini, kata kades, yang paling dibutuhkan warga adalah sembako, pakaian layak pakai, air bersih dan alat memasak.
Pemkab Sigi sudah mengerahkan alat berat membersihkan material kayu dan batuan yang dibawa banjir. Warga dibantu BPBD dan relawan berusaha menyelamatkan barang-barang mereka yang terendam lumpur.

Tercatat banjir kali ini adalah yang keempat kalinya melanda Desa Rogo, setelah sebelumnya terjadi pada 28 April 2019, 28 Juni 2019, dan 15 September 2020.

Kades Rogo mengakui banjir yang terjadi kali ini lebih parah dari tahun sebelumnya. Jika dulu rumah warga yang terdampak hanya di bagian sebelah utara sungai, kini warga di sebelah selatan ikut terkena juga. ***

Jurnalis Madya Kailipost.com: Ikhsan Madjido

Berita terkait