Situasi Masih Pandemi, Untad Laksanakan PPKMB Secara Virtual

  • Whatsapp
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad, Dr Sagaf

Palu,- Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang dikenal sebagai (PKKMB) di Universitas Tadulako (Untad) kembali dilakukan daring. Hal ini dilakukan mengingat angka kasus positif Covid-19 di Sulawesi Tengah masih tinggi. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Ir Sagaf, MP dalam sambutannya mengatakan, dalam pelaksanaan PKKMB daring ini menggunakan aplikasi Zoom, dan akan berlangsung selama tiga hari, dimulai dari tanggal 23-25 Agustus 2021 untuk tingkat universitas. Kemudian dilanjutkan dilaksanakan PKKMB di tingkat fakultas, yaitu dari tanggal 26-27 Agustus 2021 atau sampai 28 Agustus 2021.

Sementara persiapan sudah dilakukan, yakni tiga kali Training of Trainer (ToT), yaitu ToT pemateri dari pengurus lembaga mahasiswa yang diikuti 216 orang mahasiswa, dari 18 lembaga mahasiswa tingkat universitas dilaksanakan pada 29 Juli 2021.

Selanjutnya mempersiapkan pengendali jaringan sebagai ujung tombak sampainya materi pada mahasiswa baru, dilakukan ToT Host dan Co-Host diikuti oleh 108 orang pegawai dan dosen dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2021, kemudian untuk pemantapan materi yang disampaikan kepada mahasiswa baru di lakukan ToT pemateri yang diikuti oleh 295 orang dosen Untad Palu, termasuk dosen utusan Program Studi Luar Kampus Utama (PSDKU)  Touna  dan PSDKU Morowali yang dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2021.

Mahasiswa baru yang akan mengikuti PKKMB ini yakni sebanyak  8.990 orang, terbagi dalam 10 gugus, yaitu satu gugus terbagi dalam 5 kelas. Sehingga 50 kelas yang ada di Untad Palu, serta ditambah dengan kelas PSDKU Touna dan PSDKU Morowali. Dengan materi yang diberikan meliputi pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi berkarakter religius, nasionalis, mandiri, dan gotong royong.

Kemudian dilanjutkan dengan materi wahana penanaman lima program nasional revolusi mental, yaitu Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu.

Meskipun pelaksanaan secara daring esensi dari tujuan PKKMB dipastikan tidak berkurang, yakni untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. *** 

Berita terkait