Tips Memilih Sabun Cuci Tangan yang Baik Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
banner 728x90

Di era pandemic seperti ini diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan salah satunya adalah dengan rajin menggunakan sabun cuci tangan. Sebab itu pula banyak merk sabun cuci tangan yang beredaran di pasaran sehingga membuat anda semakin bingung memilih sabun cuci tangan yang mana yang harus anda kenakan.

Sayangnya, tidak semua sabun cuci tangan memiliki standar yang baik untuk kesehatan khususnya kesehatan pada kulit tangan. Beberapa sabun cuci tangan yang kelebihan menaruh zat tertentu justru membuat tangan menjadi kering, dan iritasi.

Beberapa riset juga menyatakan menggunakan merk sabun cuci tangan yang salah bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya yaitu kanker kulit. Oleh karena itu jangan sampai kebiasaan baik mencuci tangan justru menjadi bumerang terhadap kesehatan kulit anda pada akhirnya.

Namun, anda tidak perlu terlalu cemas dan kebingungan sabun cuci tangan seperti apa yang harus anda beli dan gunakan setiap hari. Karena dibawah ini akan dibeberkan beberapa tips memilih sabun cuci tangan yang baik untuk kesehatan. Silakan anda simak dengan baik!

  1. Pilih Sabun Cuci Tangan yang Mengandung Kandungan Triclosan (TCS) Dan Triclocarban (TCC).

Sebelum memasukan salah satu produk sabun cuci tangan kedalam keranjang belanjaan, yang harus anda lakukan pertama kali adalah membaca komposisi produk sabun cuci tangan dengan detail dan rinci tanpa melewatkan satu kandungan pun.

Sabun cuci tangan yang baik untuk kesehatan adalah sabun cuci tangan yang mengandung anti bakteri, karena dengan kandungan antibakteri sabun cuci tangan tersebut dapat membunuh kuman virus dan bakteri bukan hanya menghilangkanya, kandungan tersebut adalah triclosan (TCS) dan Triclocarban (TCC).

Selain dua kandungan tersebut sabun cuci tangan harus mengandung zat sejenis surfaktan yaitu sodium lauryl sulfate atu sodium laureth. Namun kedua zat surfaktan tersebut rata-rata produk sabun cuci tangan sudah memasukkannya.

2. Pilih Sabun Cuci Tangan Tanpa Kandungan Allergen

Tips selanjutnya masih dengan memperhatikan komposisi pada produk sabun cuci tangan. Kali ini anda harus pastikan sabun cuci tangan tersebut tidak memiliki kandungan alergen yang dapat menyebabkan ruam pada kulit.

Terkadang, anda tidak mengetahui kandungan apa yang menyebabkan kulit menjadi alergi. Oleh karena itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait mengenai sabun cuci tangan yang seperti apa yang harus anda gunakan.

3. Pilih Sabun Cuci Tangan yang Memiliki Kandungan Terbaik

Terkadang ketika membeli sebuah produk sabun kebiasaan yang dilakukan kebanyakan orang terutama kaum hawa adalah mencium wangi dari sabun tersebut. Padahal sabun cuci tangan yang wangi belum tentu memiliki kandungan terbaik.

Nyatanya, kebiasan memilih sabun berdasarkan wangi kesukaan dan warna favorit justru akan membuat anda terjebak membeli sebuah produk sabun cuci tangan yang hanya menonjolkan estetika tanpa memaksimalkan kandungan didalamnya.

Anda juga harus waspada dengan sabun cuci tangan yang memiliki wangi atau aroma menyengat karena sabun cuci tangan tersebut mengandung Waspadalah terhadap bahan paraben, Coconut Diethanolamide serta pewangi.

Bahan-bahan yang disebutkan tadi dapat membuat kulit iritasi sehingga jadi kering, dan terkadang terasa panas.

4. Pilih Sabun Cuci Tangan Menurut Kebutuhan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahawa dewasa ini makin marak merk baru sabun cuci tangan yang beredar di pasaran, dengan beragam bentuk, dan warna.

Tips selanjutnya memilih sabun cuci tangan yang baik untuk kesehatan adalah pilih sabun cuci tangan sesuai kebutuhan anda. Misal yang anda butuhkan adalah sabun dengan tingkat kehigienisan tinggi gunakan sabun cuci tangan berjenis foam yang digunakan dengan alat sensor, alat sensor sabun foam tersebut dapat dibeli dengan mudah sekarang.

Demikianlah tips-tips memilih sabun cuci tangan yang baik untuk kesehatan di era pandemi virus corona seperti ini. Tetap jaga kesehatan anda dengan terus mengikuti protocol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Jangan lupa cuci tangan dengan sabun cuci tangan yang sudah anda pilih mengikuti tips-tips diatas. Stay safe!

Berita terkait