Membanggakan, Morowali Wakili Sulteng Di Ajang Penghargaan Kalpataru 2021

banner 780x80

Morowali,- Morowali patut berbangga, penghargaan Kalpataru yang merupakan apresiasi tertinggi dari Presiden RI melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dalam bentuk penganugrahan yang diberikan kepada para pejuang lingkungan hidup dan kehutanan, kabupaten ujung timur Sulawesi tengah ini turut masuk sebagai nominator.

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.SK 476/MENLHK/PSKL/PSL.3/ 8/ 2021 Tentang Penerima Penghargaan kalpataru tahun 2021, memiliki 4 (empat) kategori, yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan, dan Pembina Lingkungan.

Bacaan Lainnya

Melalui Surat Undangan KLHK 7 September 2021 yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, menyatakan bahwa 10 provinsi yang menjadi nominator penerimaan penghargaan Kalpataru Se-Indonesia, salah satunya berasal dari Kabupaten Morowali yang masuk tiga besar Kategori Penyelamat Lingkungan, yakni Lembaga Sombori Dive Conservation (SDC Morowali).

Ucapan selamat dan apresiasi dari Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, dengan tembusan undangan langsung ditujukan ke beberapa instansi terkait dan Pemkab Morowali dalam hal ini Bupati Morowali.

Ketua Umum SDC Morowali, Kasmudin yang dihubungi via pesan Whats App Mengatakan bahwa benar undangan telah diterima Kamis malam (9/9/2021) malam, sekitar pukul 19.00 WITA.

“Alhamdulillah ini merupakan kejutan buat Kabupaten Morowali terkhusus dari pengurus dan anggota SDC, karena info ini sudah hampir 3 bulan tidak ada kabar, setelah awal pengumuman masuk nominasi di awal bulan April sampai ke tahapan peninjauan lapangan oleh Tim KLHK 3 bulan yang lalu, baru hari ini dapat info. Pengurus SDC sendiripun tidak berharap banyak, karena lahirnya SDC sampai hari ini, komitmen kami adalah atas dasar cinta dan peduli terhadap lingkungan ekosistem laut di Morowali, dan yang pasti penghargaan KALPATARU tidak ada dalam tujuan serta program kami, semata-mata kami anggap bonus dari alam untuk para perintis dan penyelamat lingkungan” urainya.

Penghargaan KALPATARU kata Kasmudin, memang khusus diberikan kepada mereka yang tulus dan ikhlas dengan lingkungan sekitar.

“Ternyata Allah SWT berkehendak lain, sempat kaget juga setelah dapat undangan tersebut, ternyata lembaga SDC bisa lolos masuk 3 besar se-Indonesia mewakili Provinsi Sulawesi Tengah, rasa bangga bercampur haru dari seluruh pengurus SDC atas prestasi yang diluar nalar dan akal sehat kami, semoga dengan adanya penghargaan ini bisa memotivasi seluruh masyarakat, pemuda, pemerintah dan terkhusus pasukan SDC Morowali agar lebih giat dan semakin peduli terhadap lingkungan ekosistem, kembali saya tegaskan lagi, penghargaan ini bukan milik siapa-siapa, namun spesial untuk seluruh masyarakat dan penggiat lingkungan di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Morowali yang kami cintai, salam konservasi, Salam Waspada Dira Anuraga” tandasnya.***

Reporter: Bambang Sumantri

Pos terkait