Dukung Pengalihan Status Jalan Daerah Mendapat Dukungan DPRD Parigi Moutong

Foto: Ketua DPRD Parimo/Sayutin Budianto.

Parimo,-  Langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong terkait pengalihan status jalan kabupaten ke jalan nasional mendapat dukungan dari DPRD Parimo.

Hal tersebut diungkapkan ketua DPRD Parigi Moutong Sayutin Budianto, jika jalan yang rencananya dialihkan, terletak di bagian barat Kota Parigi, ibu kota kabupaten itu membentang sepanjang 17 kilometer dari Kecamatan Parigi Tengah hingga Parigi Selatan tersebut DPRD mendukung langkah itu.

Baca Juga

“Alih status jalan tidak menjadi soal dan kami mendukung langkah itu. Sambil menunggu proses pengalihan, pemerintah setempat perlu melakukan kegiatan pemeliharaan, karena sejumlah titik ada yang mengalami kerusakan,” ungkap Sayutin Budianto, Rabu (13/10/2021).

Bahkan, seharusnya pemerintah setempat sejak awal sudah mempertimbangkan menyerahkan jalan itu untuk dikelola Balai Jalan agar tidak membebani biaya perawatan.

DPRD menyarankan, sebelum penyerahan ruas jalan itu, Pemda melalui Dinas Pekerjaan Umum setempat perlu melakukan pemeliharaan rutin. 

Rencananya, Jalan tersebut dibangun menggunakan APBD Parigi Moutong dan difungsikan untuk jalur transportasi pada tahun 2017.

Ruas jalan itu juga terdapat sekitar lima jembatan besar dan salah satunya hingga kini masih rusak akibat dampak bencana gempa 28 September 2018. ***

Berita terkait