Hari Ini Jokowi Jalani Ritual Kendi Nusantara Bersama 34 Gubernur di IKN

  • Whatsapp

“Bagaimana kita berupacara melalui adat, kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru,” tambahnya.

Heru Budi Santoso, Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) mengungkapkan prosesi Kendi Nusantara sekaligus merupakan panjatan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar program pemindahan IKN dapat berjalan lancar.

“Supaya program besar ini bisa berjalan dengan baik dan semua elemen masyarakat bisa mendukung. Prosesinya adalah para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah dimana diambil dari titik-titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal dan budaya masing-masing,” ujar Heru dalam konferensi pers, Minggu (13/3/2022).

Presiden Jokowi bersama seluruh gubernur akan berkunjung ke IKN Nusantara pada hari ini. Jokowi akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi pembangunan Istana Negara.

Sejumlah gubernur telah mengonfirmasi membawa tanah dan air dari daerahnya masing-masing. Seperti dari Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, hingga NTT. *

Sumber/editor: CNN Indonesia/riki

Berita terkait