Siapa Bambang dan Dhony ‘Bos IKN’…Ternyata?

  • Whatsapp
Foto: Kailipost.com

Siapakah Bambang Susantono dan Donny Rahajoe?

Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Sebelumnya, Bambang adalah pelaksana tugas menteri perhubungan, sebelum akhirnya diangkat sebagai wakil menteri perhubungan definitif di Kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Pria kelahiran 4 November 1963 tersebut dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia adalah lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley dan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama pada tahun 2000.

Berdasarkan catatan, eks Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004-2010 itu memiliki perang penting di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Lembaga donor tersebut menunjuk Bambang Susantono sebagai wakil presiden untuk urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Donny Rahajoe merupakan salah satu petinggi perusahaan Sinar Mas Land. Saat ini, ia berstatus sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Mengutip berbagai sumber, Donny juga tercatat sebagai Anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITBS), sebuah yayasan milik Sinar Mas Land.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi memang kedapatan pernah bertemu dengan Donny Rajahoe. Pertemuan tersebut terjadi pada akhir tahun lalu, kala Jokowi berkunjung ke kawasan Green Office Park, BSD City.

Pada saat kunjungan tersebut, Donny menjelaskan secara rinci tentang pembangunan kawasan BSD City kepada Jokowi dan rombongan yang terdiri dari Menteri PPN Suharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahaladia, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. ***

editor: riki

Berita terkait