Peringati Hari Kartini, Srikandi DPRD Sri Indah Lalusu: Perempuan Harus Mendapat Kesempatan yang Sama

  • Whatsapp
Ft: Humas DPRD Sulteng
banner 728x90

Palu,- Pada peringatan hari Kartini Ke-143 yang dilangsungkan di Gedung Pogombo kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin (25/04/2022) Srikandi DPRD Sulteng Sri Indraningsih Lalusu turut menjadi salah satu Narasumber.   

Dalam sambutannya, Sesepuh Perempuan Sulawesi Tengah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini. Menurutnya, hal ini sejalan dengan tema diangkat “Kartini Pendobrak Perubahan”. 

Jika melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang masih dilanda pandemi Covid-19, serta masih banyaknya perempuan yang mengalami kekerasan, perlakuan diskriminatif, kondisi tersebut memerlukan berbagai strategi pelibatan semua unsur masyarakat dan multi stakeholder. Sangat diperlukan banyak keterlibatan termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye gerakan yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender yang harus digelorakan sampai akar rumput. 

Perempuan-Perempuan Sulteng harus mendapatkan pendidikan yang memadai, agar dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang mampu membawa peradaban terhadap indonesia. Hal ini sejalan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh R.A Kartini, yakni mewujudkan sebuah harapan besar yaitu perempuan harus mendapatkan kesempatan yang sama dengan laki-laki dan perempuan dalam memperoleh Pendidikan. 

Kaum perempuan senantiasa menitikberatkan pada perubahan pola pikir, perilaku, dan penguatan identitas perempuan berdaya, penyadaran hak-hak perempuan dan peran perempuan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga, ungkap Sri Lalusu.

Dra. Hj Sri Indah Lalusu sering disapa Srikandi DPRD Sulawesi Tengah sangat kenyang dengan berbagai kiprahnya, terutama di dunia Politik. Beliau merupakan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi tengah yang merupakan Wakil Rakyat dari Dapil 4 yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut. Kiprahnya sebagai seorang Kartini era saat ini, terus mendorong semangat yang sama dengan RA Kartini yakni habis gelap terbitlah terang, yang maknanya dimulai dengan Niat, karena tanpa niat tidak dapat menjadi apa-apa. Sri Lalusu mengajak dan mendorong penuh kiprah seorang perempuan dalam peran di keluarga serta dalam melakukan edukasi kepada masyarakat dalam rangka memberi pemahaman yang utuh terkait kesetaraan gender dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. 

Dipenghujung kata, dirinya mengungkapkan bahwa dukungan Anggaran sangat diperlukan untuk memajukan Perempuan Sulteng, karena tanpa anggaran tidak akan maju organisasi-organisasinya terutama di bidang pemberdayaan perempuan.

Kegiatan peringatan hari Kartini Ke-143 ini dihadiri oleh Asisten II Gubernur Sulawesi Tengah Dr. Rudi Dewanto, SE. MM yang mewakili Gubernur, Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua BKOW Provinsi Sulawesi Tengah, dan  Ketua Organisasi Perempuan Sulawesi Tengah, bersama Sesepuh Organisasi Perempuan Sulawesi Tengah, Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos.M.Si. dan Narasumber Wakil Walikota Palu, Dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M. Kes,  Anggota DPRD Kota Palu Mutmainah Korono, SE, Kepala Cabang Bank sulteng Palu Barat Yeni Anggraeni JT, Owner Syahira Butik, Andriany Pettalolo serta tamu undangan dari berbagai kalangan. ***

Sumber: Humas Set.DPRD Sulteng

Berita terkait