Sungai Meluap, Akses Menuju Bandara Pattimura Ambon Terputus

  • Whatsapp
Banjir akibat luapan sungai membuat akses Maluku Tengah ke Bandara Pattimur atau sebaliknya terputus (Arsip Istimewa)

Ambon,- Akses jalan dari Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah menuju Bandara Pattimura Kota Ambon kini dilaporkan putus akibat luapan air sungai Sakura, Selasa (26/7/2022).

Sekretaris Negeri Hatu Iren Marlisa mengatakan sungai Sakura meluap ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Pulau Ambon sejak Selasa (26/7/2022) pagi.

“Sungai meluap karena hujan yang cukup besar di gunung, akses jalan di Air Sakula putus,”ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (26/7/2022).

Ia juga menambahkan, untuk saat ini jalur darat dari dan menuju Kecamatan Leihitu Barat belum bisa dilalui lantaran air akibat luapan sungai dan hujan deras masih menggenangi jalan.

“Air sungai masih meluap sampai ke jalan utama, transportasi menuju Kecamatan Leihitu Barat dan sebaliknya lumpuh total,”ucapnya.

Merujuk data Pemerintah Desa Hatu sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa atau permukiman yang terdampak banjir.

BPBD Provinsi Maluku lalu mengimbau warga yang hendak melakukan bepergian menuju Bandara Pattimura dari Kecamatan Leihitu Barat, Maluku Tengah untuk sementara menahan diri. Pasalnya, arus air masih tergolong deras sehingga berbahaya jika dilalui.

“Kalau bisa menunggu hingga air kembali berangsur normal atau surut baru melanjutkan perjalanan,”pintanya.

Terpisah, Kaur Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease Ipda Moyo Utomo menuturkan sejauh ini pihaknya sudah mengirimkan personel ke lokasi banjir untuk membantu warga di sana.

“Sementara anggota yang dikirim masih bertahan di lokasi banjir bersama warga,” kata dia. ***

Editor/Sumber: Rizky/cnn indonesia

Berita terkait