Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi Menpan RB Hari Ini

Azwar Anas Siap Trepilih jadi Menteri PAN-RB, Presiden Jokowi Lantik Mantan Bupati Banyuwangi itu Hari ini /Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr./
banner 728x90

Jakarta,- Presiden Joko Widodo akan melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Rabu (7/9/2022).

“Hari ini pukul 13.30 WIB, yang dilantik Abdullah Azwar Anas,” kata sumber di pemerintahan.

Baca Juga

Azwar akan menggantikan posisi almarhum Tjahjo Kumolo. Tjahjo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 karena komplikasi paru dan diabetes.

Sebelum dilantik menjadi Menpan RB, Azwar menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dia baru menduduki jabatan itu pada 13 Januari lalu.

Politikus PDIP itu mengawali karier politik pada 1997. Saat itu, Azwar menjabat Anggota MPR RI Fraksi Utusan Golongan.

Pada 2004, ia menjadi Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia gagal melanjutkan karier di parlemen pada pemilu lima tahun kemudian.

Azwar pun kembali ke kampung halamannya dan mengikuti Pilkada Banyuwangi. Ia terpilih sebagai Bupati Banyuwangi 2010-2015.

Dia melanjutkan kepemimpinan setelah terpilih kembali pada 2015. Di tengah-tengah masa jabatan, Azwar sempat mengikuti Pilgub Jawa Timur pada 2018.

Saat itu, Azwar menjadi calon wakil gubernur dan berpasangan degan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Namun, ia gagal di tengah jalan setelah dugaan foto syurnya beredar di publik.

Azwar kemudian bergabung dengan PDIP. Dia menjadi salah satu kader kebanggaan partai berlambang banteng itu.

Nama Azwar sempat diisukan menjadi kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun menyebut Anas sebagai salah satu kandidat presiden dari PDIP. ***

Editor/Sumber: Rizky/cnn indonesia

Berita terkait