Pemilihan Rektor Untad: Amar (38) dan Khairil (32), Suara Menteri Ke Siapa?

SULTENG – Pemilihan rektor Universitas Tadulako Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (5 Oktober 2022) di Kampus Tadulako diikuti enam calon. Sayangnya, hanya dua calon yang memperoleh suara signifikan. Keempat calon lainnya tak satu pun suara diraup.

Dua nama yang memperoleh suara yaitu Prof Amar sebanyak 38 suara. Dan Prof Khairil 32 suara. Total suara 70 suara. Usai pemilihan rektor di Senat Univesitas, maka sesuai ketentuan maka suara menteri pendidikan yaitu 30 persen akan ditentukan kepada siapa keenam calon.

Baca Juga

Ada tiga kemingkinan dengan sistem tersebut. Apabila 30 persen suara menteri diberikan pada salah satu calon yang tak memiliki satu suara pun, maka dipastikan Prof Amar menang dengan suara 38.

Kedua; Bila suara menteri diberikan pada Prof Amar, maka suara prof Amar akan menang mutlak. Yaitu akan bertambah sekitar 28 suara atau lebih. Tapi; kemungkinan ketiga apabila suara menteri diberikan ke Prof Khairil, maka suaranya akan bertambah menjadi 60-an suara. Dan prof Amar bisa kalah.

Dalam teori kemungkinan, peluang Prof Amar cukup besar. Memiliki dua kemungkinan. Sedangkan prof Khairil hanya memiliki satu kemungkinan. Karena beda enam suara sangat riskan. Mestinya harus menang telak. Berikut gambar skor pemilihan rektor Universitas Tadulako 2022. ***

editor : andono wibisono

Berita terkait