Hadapi Pemilu: Pemkot Palu Beri Pendidikan Politik Kepada Masyarakat

Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Petalolo memberikan penguatan pada kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat di Palu, Selasa (15/11/2022). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu,- Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, telah memberikan penguatan melalui pendidikan politik kepada masyarakat di daerah itu guna menghadapi Pemilu serentak 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah (Setda) Kota Palu Irmayanti Petalolo saat menghadiri kegiatan pendidikan politik yang diinisiasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Palu, Selasa, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman sekaligus pembelajaran bagi generasi muda, akan pentingnya peran mereka dalam setiap proses pemerintahan.

Baca Juga

“Pendidikan politik sebagai upaya meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat agar mereka dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sistem demokrasi politik,” ujar Irmayanti.

Ia memaparkan partisipasi politik termuat dalam Undang-undang Nomor 12 tahun 2015 tentang jaminan dan perlindungan negara terhadap hak-hak sipil dan politik warga negara, di antaranya hak menyampaikan pendapat, hak berserikat, hak memilih dan dipilih, hak yang sama dihadapkan hukum dan pemerintahan serta hak mendapatkan keadilan.

Apa lagi saat ini menyongsong pesta demokrasi tahun 2024, kata dia, sehingga kedaulatan sepenuhnya ada di tangan rakyat.

Oleh karena itu, lanjut dia, dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu mendatang dengan menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS,” ujarnya.

“Kita sebagai rakyat harus berkontribusi kepada negara. Sebagai warga negara yang baik, maka kita harus taat kepada aturan, taat kepada hukum. Sebaliknya, negara melindungi rakyat, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutur Irmayanti.

Ia juga menjelaskan pendidikan politik dapat membentuk masyarakat mandiri dan kritis, serta mampu meminimalisir konflik horisontal di tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu, ia meminta masyarakat adar berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah setempat dalam menyukseskan berbagai program prioritas demi kepentingan publik.

ia menyebut ada 53 program jangka menengah yang diprioritaskan Pemkot Palu dan program tersebut tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan masyarakat setempat.

“Salah satu program digenjot pemerintah saat ini yakni kebersihan menuju Palu Adipura 2023,” demikian Irmayanti. ***

Editor/Sumber: Rizky/Antara

Berita terkait