Pemkot Palu Open Donasi Untuk Korban Gempa Cianjur

  • Whatsapp
banner 728x90

PALU,– Pemerintah Kota (Pemkot) Palu open donasi untuk memberikan bantuan kepada korban gempa Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat (Jabar) mulai pekan ini.

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menjelaskan, open donasi ini ditujukan kepada seluruh masyarakat Kota Palu sebagai bentuk empati terhadap korban bencana gempa di Cianjur.

Pemberian bantuan donasi menurutnya akan dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Palu. Untuk itu Dinsos Palu akan membuka rekening sumbangsih tersebut.

“Silahkan masyarakat yang ingin berdonasi, bisa memberikan sumbangannya ke rekening Dinsos. Atau bisa pula diserahkan langsung kepada wali kota,”kata wali kota, Selasa 22 November 2022 di ruang kerjanya.

Sumbangan donasi tersebut rencananya akan dikirim secepatnya paling lambat pekan depan. Karena itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palu kini tengah mengidentifikasi kebutuhan korban di Cianjur.

“InsyaAllah Minggu depan bantuan donasi akan kita kirim bantuan sesuai dengan kebutuhan. Apakah nanti dalam bentuk perbaikan rumah atau rumah ibadah atau dalam bentuk kebutuhan pokok dan kebutuhan medis. Sesuai hasil identifikasi,”jelas Hadianto.

Pengiriman hasil donasi nantinya ke Cianjur akan dikirim atas nama Pemkot Palu dan masyarakat serta didampingi BPKP. Termasuk perwakilan masyarakat. Dengan begitu, bantuan yang disalurkan nanti betul-betul tepat dan tidak diselewengkan.

Terkait pengantaran bantuan, wali kota menyebut akan melihat perkembangan. Bantuan akan ia antar langsung jika ada permintaan masyarakat.

Ia mengaku menghindari opini-opini yang bersifat tendensi politik yang mengarah pencitraan. Karena itu, jika ia tidak berkesempatan, maka akan tetap ada pejabat yang mewakili Wali Kota Palu.

“Tidak ada tendensi politik supaya kita mau dibilang. Artinya ini perhatian kita, sebagaimana ketika kita di Palu dilanda bencana, perhatian keluarga kita secara nasional cukup besar. Saya menghindari itu jangan sampai ada salah sangkah. Mungkin nanti dari BPBD atau ibu Wawali. Pokoknya siapa saja asal ada perwakilan,”ujarnya.

Wali kota juga menegaskan open donasi ini terbuka bagi semua pihak. Termasuk jajaran pegawai lingkungan Pemkot Palu. Ia menyebutkan, tidak ada instruksi khusus bagi pegawai untuk bantuan donasi ini.

“Untuk PNS silahkan. Kita inikan mau berderma. Tidak ada potongan-potongan. Kita bersatu saja untuk bersama sama membantu keluarga kita di Cianjur,”tegasnya.

Masih menurut wali kota, bantuan nantinya boleh diserahkan ke rekening Dinsos Palu yang akan segera diumumkan. Atau boleh mengantarkan langsung secara tunai ke Kantor Dinsos Palu.

“Hasil donasi nantinya akan kita umumkan. Baik yang terkumpul dari pemerintah kota maupun dari masyarakat,” demikian wali kota. ***

Editor/Sumber: Rizky/channelsulawesi.id

Berita terkait