Portugal Vs Ghana: Sengit, A Selecao Menang 3-2

Sengit, Portugal kalahkan Ghana 3-2 (AP/Manu Fernandez)

Doha,- Pada pertandingan pertama Grup H Piala Dunia 2022, Portugal harus melewati duel sengit, karena bertemu dengan Ghana di Stadium 947, Kamis (24/11/2022) malam WIB. Dalam laga yang melahirkan lima gol, A Selecao menang 3-2.

Seluruh gol tercipta di babak kedua. Portugal mencetak gol-golnya lewat Cristiano Ronaldo (penalti), Joao Felix, dan Rafael Leao.

Baca Juga

Dua gol Ghana dibuat Andre Ayew dan Osman Bukari. Tiga poin ini menempatkan Portugal di posisi puncak disusul Uruguay dan Korea Selatan dengan satu poin, lalu Ghana jadi juru kunci.

Jalannya pertandingan Portugal vs Ghana

Portugal bermain agresif sejak menit awal dengan menurunkan Bernardo Silva, Joao Felix, dan Cristiano Ronaldo. Peluang pertama didapat pada menit ke-10.

Kesalahan oper pemain Ghana membuat bola jatuh di kaki Bernardo dan langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Ronaldo, yang berlari ke kotak penalti. Tapi, sentuhan pertama Ronaldo tidak bagus sehingga bola gagal disepak dengan baik dan mampu diadang kiper Ghana Lawrence Ati-Zigi.

Tiga menit kemudian Ronaldo punya kans lewat sundulan meneruskan crossing Raphael Guerreiro, namun bola melebar.

Portugal mendominasi penguasaan bola dan membuat Ghana tidak bisa keluar dari pertahanannya sendiri. Bahkan para pemain Ghana tidak bisa menyentuh bola di kotak penalti Portugal selama setengah jam.

Portugal sempat mencetak gol di menit ke-31 saat Ronaldo membobol gawang Ati-Zigi, meneruskan umpan terobosan Joao Felix. Sayangnya, gol itu dianulir wasit karena ada pelanggaran lebih dulu.

Portugal tidak mampu menjadikan dominasi menjadi gol atau sekadar peluang berbahaya. Alhasil babak pertama selesai tanpa gol.

Masuk di babak kedua, Portugal masih mendominasi laga dan berupaya secepatnya mencetak gol. Tapi, Ghana nyaris mencetak gol duluan di menit ke-55 ketika Mohammed Kudus mendapat bola di pertahanan sendiri.

Setelah itu Kudus melakukan solo run hingga mendekati kotak penalti Portugal dan langsung menembak, meski bola masih melebar dari gawang Diogo Costa.

Portugal mendapat penalti di menit ke-65 ketika Ronaldo dijatuhkan Mohammed Salisu dalam duel di kotak terlarang. VAR sempat meninjau pelanggaran itu sebelum dinyatakan penalti dan Ronaldo dengan dingin menaklukkan Ati-Zigi, lewat sepakan ke pojok kiri gawang.

Keunggulan Portugal cuma bertahan delapan menit, karena Ghana menyamakan skor 1-1 di menit ke-73. Serangan dari sisi kiri yang diinisiasi Kudus mampu menembus pertahanan Portugal.

Kudus menggiring bola mendekati garis lapangan sebelum mengirimkan umpan tarik yang disontek Andre Ayew di depan gawang.

Portugal yang butuh kemenangan memasukkan Rafael Leao untuk menajamkan lini serang. Tapi, Joao Felix yang membawa Portugal unggul lagi di menit ke-78.

Bruno Fernandes mengirimkan umpan terobosan kepada Felix di sisi kanan yang berlari ke kotak penalti dan mencungkil bola melewati adangan Ati-Zigi.

Leao! Pemain AC Milan itu mencetak gol di menit ke-80 atau tiga menit setelah masuk. Fernandes memimpin serangan balik Portugal dan mengirimkan umpan ke sisi kiri yang ditempati Leao, yang menghujamkan bola ke tiang jauh.

Unggul 3-1 membuat Portugal lengah dan gawangnya kebobolan di menit ke-88 saat Osman Bukari memangkas selisih jadi satu gol. Bukari yang lepas dari kawalan Guerreiro mudah saja menanduk bola umpan silang dari sisi kiri.

Ghana yang berupaya menyamakan skor nyaris mendapatkannya di menit akhir. Diawali Diogo Costa yang hendak menendang bola di daerahnya, tidak melihat ada Williams di belakangnya.

Williams berhasil merebut bola yang bergulir dan berupaya mengirimnya ke ke gawang, namun disapu Danilo Pereira sehingga Portugal tetap menang 3-2. ***

Editor/Sumber: Rizky/Detik.com

Berita terkait