Empat Pemain Termuda yang Pernah Unjuk Gigi di Piala Dunia

  • Whatsapp
banner 728x90

Laga Piala Dunia selalu tidak lepas dari debut pemain baru dengan prestasi yang memukau. Di Piala Dunia 2022 kali ini juga bertabur bintang muda yang telah mencuri perhatian di lapangan. Gavi dari Spanyol, Youssoufa Moukoko dari Jerman, dan Garang Kuol dari Australia adalah beberapa pemain debut di Piala Dunia 2022 yang baru berusia 18 tahun.

Bagi yang hobi nonton bola atau yang selalu mengikuti perkembangan Piala Dunia untuk main di bk8 alternatif pasti masih ingat dengan laga Gavi saat membela tim Spanyol. Gavi mulai menjadi perhatian setelah menyumbangkan 1 gol pada babak penyisihan Spanyol vs Kosta Rika.

Pada pertandingan ini, tim Spanyol mendapat apresiasi dengan kemenangan telak 7 – 0 atas Kosta Rika. Gavi yang berusia 18 tahun menyumbangkan 1 gol pada laga ini. Sayangnya, tim Spanyol gagal mengamankan tiga poin saat pertandingan berikutnya melawan Jerman. Laga Spanyol vs Jerman berakhir imbang dengan skor 1 – 1. Gol tunggal Spanyol diciptakan oleh Alvaro Morata.

Selain Gavi, ada beberapa pemain debut di sepanjang Piala Dunia yang juga menorehkan prestasi yang diingat sepanjang kariernya. Berikut adalah daftar pemain termuda yang unjuk gigi di Piala Dunia.

  1. Pele (Brasil)
    Siapa yang tak kenal Pele, pemain legendaris Brasil yang telah mengantarkan kemenangan bagi tim Brasil pada Piala Dunia 1958, 1962 dan 1970. Pele memulai debutnya di Piala Dunia 1958 di Swedia saat belum genap berusia 18 tahun (17 tahun 234 hari). Pele berhasil mencetak gol pada debutnya di perempat final Piala Dunia 1958.

Pele mencetak 3 dari 5 gol tim Brasil saat melawan Prancis di semifinal. Pertandingan dengan skor akhir 5 – 2 bagi tim Brasil ini menjadikan Pele pemain termuda di Piala Dunia yang mencetak hat trick.

Di babak final melawan Swedia, Pele menyumbangkan 2 dari 5 gol. Pertandingan final berakhir dengan kemenangan Brasil 5 – 2. Sepanjang kariernya, Pele telah berlaga dalam 92 pertandingan internasional dengan mencetak 77 gol.

  1. Salomon Olembe (Kamerun)
    Pemain termuda selanjutnya yang memulai debut di Piala Dunia adalah Salomon Olembe dari Kamerun. Olembe memulai debutnya di Piala Dunia 1998 pada pertandingan pembuka melawan Austria saat berusia 17 tahun 184 hari.

Salomon Olembe telah menjadi pemain Afrika termuda yang tampil di laga internasional. Namun rekor pemain termuda ini kemudian direbut oleh Samuel Eto’o yang juga memulai debutnya di Piala Dunia 1998 pada pertandingan Kamerun vs Inggris yang mengakhiri sepak terjang Kamerun di Piala Dunia 1998.

  1. Femi Opabunmi (Nigeria)
    Femi Opabunmi menjadi salah satu pemain termuda saat memulai debutnya di Piala Dunia 2002 saat baru berusia 17 tahun 100 hari. Opabunmi mengawali debutnya dengan laga melawan Inggris.

Namun sayangnya, empat tahun kemudian Opabunmi menderita glaukoma hingga mengakibatkan kebutaan di mata kanannya. Opabunmi tidak pernah main di Piala Dunia lagi setelahnya.

  1. Samuel Eto’o (Kamerun)
    Bakat Samuel Eto’o telah terlihat sejak penampilan debutnya melawan Italia di Piala Dunia 1998 saat hanya berusia 17 tahun 98 hari. Aksi Eto’o menjadi perbincangan meskipun Kamerun menderita kekalahan 0 – 3 atas Italia.

Eto’o menjadi pencetak gol terbanyak dari Kamerun dan telah main dalam 4 edisi Piala Dunia. Samuel Eto’o telah pensiun pada 2014. Sepanjang kariernya, Eto’o telah berlaga dalam 116 pertandingan internasional dengan mencetak 56 gol. ***

Berita terkait