Ini Daftar Lima Provinsi Penghasil Jagung Terbesar di Indonesia

Presiden Joko Widodo menyaksikan pekerja memanen dalam acara panen raya jagung di Gorontalo, Jumat 1 Maret 2019. Selain memanen, Presiden juga memberikan bantuan kepada petani. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta,- Jagung adalah salah satu bahan pangan yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk konsumsi. Di Indonesia sendiri jagung banyak ditanam bahkan jumlah produksinya terjaga dan terus meningkat.

Menurut Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menyatakan, Indonesia berencana akan melakukan ekspor jagung ke berbagai negara di ASEAN seperti Vietnam, Filipina dan Malaysia pada tahun ini.

Baca Juga

Menurut data dari kementerian pertanian, ada 5 provinsi di Indonesia yang menghasilkan jagung melimpah diantaranya adalah:

1. Jawa Timur

Jawa Timur merupakan penghasil jagung terbesar di Indonesia yang menghasilkan 5,37 juta ton jagung dengan luas lahan mencapai 1,19 juta hektar. Mengutip dari jatim.bps.go.id, beberapa kabupaten di Jawa Timur yang memproduksi jagung dengan nilai tinggi adalah Jember, Kediri, Tulungagung, Blitar dan Lamongan.

2. Jawa Tengah

Jawa Tengah menempati posisi kedua penghasil jagung. Produksi jagung di Jateng mencapai 3,467 juta dengan luas lahan mencapai 5 ratus hektar. Dua kabupaten penyumbang jagung terbesar di Jateng adalah Grobogan dan Blora.

3. Lampung

Menurut Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung mencatat jumlah produksi jagung mencapai 3,145 juta dengan luas lahan mencapai 4 ratus hektar.

4. Sumatera Utara

Lima daerah di Sumatera Utara yang menjadi produsen jagung adalah Kabupaten Karo, Simalungun, Langkat, Dairi dan Deli Serdang. Pada tahun 2022 saja, produksi jagung di Sumut diproyeksikan sebanyak 1,654 juta ton.

5. Sulawesi Selatan

Mengutip dari laman resmi, Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, dijelaskan bahwa Sulawesi Selatan adalah salah satu sentra produksi jagung nasional. Beberapa kabupaten penghasil jagung terbesar di Sulsel diantaranya adalah kabupaten Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Bone, Janeponto, Wajo dan Pinrang. ***

Editor/Sumber: Riky/Tempo.co

Berita terkait