Buka KTT Ke-42 ASEAN, Jokowi: Kita Mampu Jadi Motor Pertumbuhan Dunia

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka gelaran Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia. (foto: tangkapan layar youtube sekretariat presiden).
banner 728x90

Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia. Para pemimpin negara ASEAN hadir dan disambut langsung oleh Jokowi dan diajak berfoto bersama sebelum sesi pidato pembuka.

“Selamat pagi, Yang Mulia para pemimpin ASEAN selamat datang di KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo Indonesia,” kata Jokowi kepada para kepala negara ASEAN, seperti dikutip Rabu (10/5/2023).

Dia kemudian menyoal tentang ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih, pasca pandemi Covid-19. Dia menilai, rivalitas semakin tajam dan dinamika dunia semakin tidak terprediksi

“Menjadi pertanyaan, apakah ASEAN hanya akan jadi penonton? Apakah hanya akan diam? Serta apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan?,” tanya Jokowi.

“Saya yakin ASEAN bisa, asalkan satu kuncinya, persatuan,” sambungnya.

Jokowi meyakini, dengan persatuan, ASEAN mampu menjadi pemain sentral sebab memiliki aset yang kuat sebagai epicentrum of growth, ekonomi yang tumuh jauh di atas rata-rata dunia, bonus demografi dan kestabilan kawasan yang terjaga.

“Ke depan ASEAN harus memperkuat integrasi ekonominya, mempererat kerjasama inklusif termasuk implementasi aset dan mememperkokoh arsitektur kesehatan, energi dan stabilitas keuangan,” minta Jokowi.

Saya mengajak, seluruh pemimpin ASEAN untuk bekerja keras menjadikan ASEAN Matter Epicenter of Growth dan saat saya nyatakan KTT ASEAN ke-42 dibuka,” dia menandasi.

Berita terkait