Sandi Firmansyah Sukses Rebut Medali Emas di SEA Games 2023

  • Whatsapp
Sandi Firmansyah merebut emas di cabor karate SEA Games 2023. Selain sebagai atlet karate, Sandi merupakan prajurit TNI aktif. (Liputan6.com)

Jakarta,- Tim karate Indonesia sukses membawa pulang total dua medali emas, empat perak dan tujuh perunggu di SEA Games 2023. Walaupun harus menghadapi berbagai kecurangan.

Diketahui Tim karate Indonesia sudah kembali ke Indonesia pada Selasa (9/5/2023). Mereka tiba di tanah air bersamaan dengan rombongan atlet Triathlon/Aquathlon. Kedatangan para atlet ini disambut dengan pengalungan bunga dan upacara singkat oleh NOC Indonesia dan Kemenpora.

Salah satu atlet karate peraih medali emas adalah Sandi Firmansyah. Dia menjadi yang terbaik pada nomor kumite perorangan putra di bawah 84 kilogram. Sandi mengalahkan karateka Filipina Ivan Christopher Agustin di partai final.

Selain sebagai atlet karate, Sandi juga merupakan anggota TNI Angkatan Darat. Dia berdinas di Batalyon Zeni Konstruksi 14 Srengseng Sawah. Untuk menghadapi SEA Games 2023, Sandi harus berkorban besar.

Atlet karate Indonesia di SEA Games 2023 tiba di Jakarta

Sandi rela meninggalkan anaknya yang baru lahir saat awal bulan puasa demi mengejar medali emas. Hasilnya tak sia-sia, Sandi akhirnya bisa membawa pulang emas pertamanya selama ikut SEA Games.

Medali emas di Kamboja menjadi peningkatan prestasi Sandi yang sudah empat kali ikut SEA Games. Sebelumnya Sandi meraih dua perunggu pada SEA Games 2017. Perunggu juga yang diraih Sandi dua tahun kemudian. Sedangkan pada SEA Games 2021, Sandi merebut perak.

“Medali emas ini yang utama saya persembahkan untuk anak saya yang baru lahir saat bulan puasa. Istri saya jelas, keluarga saya. Saya persembahkan juga untuk seluruh masyarakat Indonesia atas doa yang luar biasa. Juga untuk para pengurus PB Forki dan pelatih,” ujar Sandi saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Berita terkait