Sikap Tegas ASEAN Terhadap Junta Militer Myanmar

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022). | EPA-EFE/KITH SEREY
banner 728x90

Jakarta,- Saat rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (KTT ASEAN) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur yang dimulai pada Senin (8/5/2023), kabar buruk tersiar dari Myanmar

Dilaporkan, konvoi ASEAN yang di dalamnya terdapat diplomat Indonesia yang hendak menyalurkan bantuan di Taunggyi di bagian timur Myanmar, diserang kelompok bersenjata tak dikenal.

Sehari kemudian Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat menyayangkan baku temak ketika AHA Center (ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance) dan tim monitoring ASEAN hendak menyerahkan bantuan kemanusiaan di Myanmar.

Indonesia dan Singapura adalah dua negara ASEAN yang bereaksi keras terhadap insiden ini.

Menurut laman The Irrawaddy, bagian selatan Negara Bagian Shan, di mana Taunggyi berada, sebenarnya tak begitu tersentuh konflik bersenjata yang berkecamuk di hampir semua bagian Myanmar setelah pada 2021 militer negara itu mengudeta pemerintahan terpilih dalam pemilu demokratis yang diadakan setahun sebelum kudeta.

Namun, Maret silam terjadi pembantaian sekitar 30 warga sipil di Shan bagian selatan, yakni warga yang tengah mengungsi di sebuah biara.

Baik militer Myanmar maupun pihak oposisi saling tuding mengenai siapa yang berada di balik pembantaian itu.

Berita terkait