Korsel dan Jerman Perkuat Kerja Sama Pertahanan

  • Whatsapp

Denuklirisasi Semenanjung Korea

Scholz adalah kanselir Jerman pertama yang berkunjung ke Korea Selatan selama 30 tahun terakhir. Dia tiba di Seoul setelah menghadiri KTT G7 di Hiroshima, Jepang. Isu keamanan dan ancaman nuklir membayangi kunjungannya di kedua negara.

Yoon memastikan pihaknya turut mengangkat isu nuklir Korea Utara dengan kanselir Jerman. Dia mengklaim Scholz bersedia membantu “mengulangi pesan kepada masyarakat internasional bahwa Korut tidak akan mendapat keuntungan apapun dari langkah provokatifnya.” Kedua kepala negara akan saling mengkoordinasikan upaya diplomatik demi menekan Pyongyang.

“Jerman yang kembali bersatu 33 tahun lalu adalah negara yang memahami dan berempati dengan isu-isu di Semenanjung Korea,” kata Yoon. “Kami akan terus bekerja sama demi mencapai denuklirisasi Korea Utara.”

Sebelum bertemu Yoon, Scholz menyempatkan diri berkunjung ke Zona Demiliterisasi (DMZ) di perbatasan antara Korut dan korsel. Di sana, dia mendesak dunia internasional agar merespons uji coba nuklir Korut dengan lebih efektif. Dia mengimbau Korea Utara untuk menghentikan uji coba senjata nuklir dan setiap bentuk provokasi, karena “mengancam perdamaian dan keamanan di kawasan.

Berita terkait