Kapolri Intruksikan Pembuatan SIM Jangan Dipersulit

  • Whatsapp
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat diwawancara wartawan/ Tika Ayu

Jakarta,- Kapolri Listyo Sigit Prabowo meminta kepada jajarannya agar tidak lagi mempersulit pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Ia juga meminta Kakorlantas Polri segera melakukan perbaikan dalam urusan SIM.

“Pembuatan SIM, ini masih dilihat sulit. Laporan kasus juga sama, balik nama kendaraan juga sama, dan seterusnya. Saat ini kita terus melakukan upaya perbaikan,” kata Sigit kepada wartawan di Gedung PTIK/STIK Jakarta Selatan, Rabu, 21 Juni 2023.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya kini tengah mengembangkan aplikasi pengrusan SIM agar masyarakat bisa lebih efisien nantinya.

“Saya kira Pak Kadiv TIK, Pak As Ops, Pak Kabik, Kakorlantas, sedang berusaha melakukan perbaikan, dari yang awalnya manual kita ubah menjadi digitalisasi, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan cukup dengan menggunakan aplikasi yang saat ini kita siapkan, kita sedang satukan semua aplikasi menjadi satu layanan namanya Super Apps,” lanjutnya.

Lebih lanjut dirinya kemudian menyinggung soal materi praktik SIM C yang sering membuat para pemohon gagal dalam ujiannya.

“Dan khusus untuk pembuatan SIM C, ini saya minta Kakorlantas tolong dilakukan perbaikan, yang namanya angka delapan itu masih sesuai atau tidak, yang namanya melewati apa itu, zig-zag zig-zag itu, masih sesuai atau tidak. Saya kira kalau memang sudah tidak relevan, perbaiki,” jelasnya.

Berita terkait