Gubernur ke Dubes Maroko : Sulteng Siapkan Karpet Merah untuk Investasi

  • Whatsapp

Disela-sela jamuan makan malam, terlihat Gubernur terlibat diskusi secara intens dengan Ouadia Benabdellah, tentang berbagai hal, termasuk sejarah peran masyarakat maghrib dalam membangun Cordova di bawah kekaisaran Umayyah.

Mendengar paparan tersebut, membuat Duta Besar Maroko tersenyum dan kagum atas pengetahuan sejarah Islam yang dimiliki Gubernur Rusdy Mastura.

Selanjutnya, Gubernur Sulawesi Tengah memaparkan berbagai potensi yang dimiliki Sulawesi Tengah, sebagai peluang yang dapat di kerjasamakan dengan Kerajaan Maroko.

Usai pemaparan, Duta Besar Maroko menyampaikan akan mengambil peran pada tiga hal bentuk kerja sama yang dapat dilaksanakan antara kedua belah pihak.

Tiga kerja sama tersebut meliputi Pertama, kerjasama dibidang pendidikan. Untuk kerja sama ini, Gubernur Sulawesi Tengah diminta mengirimkan 10-20 Orang pertahun untuk menempuh pendidikan S1 dan S2 di Maroko.

Kedua, kerja sama pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dengan salah satu Provinsi yang ada di Maroko dalam bentuk Sister City. Ketiga, kerjasama di bidang investasi keuangan yang diharapkan dapat memperkuat Bank Daerah dan keuangan masyarakat.

Untuk memulai kerja sama tersebut, Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah diminta untuk segera merancang dan menyusun draf Memorandum of Understanding (MoU), untuk selanjutnya akan di tindak lanjuti oleh Duta Besar.

“Kita berharap kerja sama ini dapat segera terwujud. Sebab kerja sama ini tentunya akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan daerah ini,” ucap Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Maroko juga menyampaikan akan melakukan kunjungan ke Sulawesi Tengah, dalam rangka melaksanakan diplomat brefing dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, sebagai bagian dari proses kerja sama tersebut.

Direncanakan dalam kunjungannya, Duta Besar Maroko akan mengajak beberapa Duta Besar lainnya dari Negara Arab dan Afrika. Adapun waktu kunjungan akan dikomunikasikan kembali.

Duta Besar Maroko juga menyampaikan akan mengundang Gubernur Sulawesi Tengah melakukan kunjungan ke Maroko.

Diakhir pertemuan, tak lupa Gubernur Rusdy Mastura atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat, mengundang Duta Besar Maroko, untuk dapat hadir pada pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit, pada bulan Oktober mendatang.

Sumber : Diskominfo Santik Selaku Humas Pemprov Sulteng.

Berita terkait