Tidur Siang Dapat Bantu Pelihara Kesehatan Otak, Ini Penjelasan Peneliti UCL

  • Whatsapp
Ilustrasi tidur siang Foto: DW (News)

Jakarta,- Menyisihkan waktu untuk tidur sebentar di tengah kesibukan terbukti membantu otak kita bekerja lebih baik dan tetap berukuran lebih besar.

Studi para peneliti di University College London (UCL), Inggris dan University of the Republic di Uruguay telah membuktikan tidur siang yang dilakukan secara teratur dapat mempengaruhi volume otak. Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Sleep Health.

Lantas, apa kaitan tidur siang dan ukuran otak? Yuk, detikers kita simak informasinya!

Tidur Siang Pengaruhi Volume Otak

Melalui analisis data yang dilakukan pada orang berusia 40 hingga 69 tahun, para peneliti menemukan adanya keterkaitan antara kebiasaan tidur siang dan volume total otak yang lebih besar.

Diketahui, dengan volume total otak yang lebih besar merupakan penanda kesehatan otak yang baik dan terkait dengan risiko yang lebih rendah terkena demensia dan penyakit lainnya, seperti yang dikutip dari laman Science Daily.

“Temuan kami menunjukkan bahwa, bagi beberapa orang, tidur siang singkat mungkin menjadi bagian dari teka-teki yang dapat membantu mempertahankan kesehatan otak saat kita menua,” ujar Dr Victoria Garfield dari MRC Unit for Lifelong Health & Ageing di UCL.

Sebelumnya, sebuah penelitian telah mengungkap bahwa tidur siang memiliki manfaat kognitif, di mana orang yang tidur siang memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik. Studi baru ini bertujuan untuk menetapkan apakah ada hubungan sebab-akibat antara tidur siang dan kesehatan otak.

Berita terkait