KTT ASEAN Plus Three Sepakati Kerja Sama Ekosistem Kendaraan Listrik

  • Whatsapp
Momen Jokowi Pimpin KTT ASEAN Plus Three (Foto: Media Center KTT ASEAN 2023/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta,- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Plus Three (China, Jepang, dan Korea Selatan) telah digelar di Jakarta, kemarin. Dalam KTT tersebut menyepakati kerja sama pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“ASEAN sangat menghargai dukungan RRT, Jepang, dan Republik Korea untuk pengembangan ekosistem EV battery dan ASEAN Indo-Pasific Forum. Ini penting bagi kemajuan dan pertumbuhan kawasan,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

“Namun demikian tujuan tersebut pasti akan terganggu jika perdamaian dan stabilitas di kawasan tidak mampu kita jaga. Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk memiliki rasa yang sama, memiliki kesadaran yang sama untuk bersama2 menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dengan terus menghormati hukum internasional,” sambungnya.

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, KTT ASEAN Plus Three (APT) ini telah menyepakati kerja sama pembangunan ekosistem kendaraan listrik kawasan. Pertemuan itu menghasilkan “ASEAN Plus Three Leaders Statement on Developing Electric Vehicle Ecosystem”.

Berita terkait