Sulteng Kembangkan Cagar Budaya Sebagai Destinasi Wisata 

  • Whatsapp
Suasana pertemuan Gubernur Sulteng dengan Kepala Dinas Kebudayaan, Kamis 7 September 2023. (FOTO : Istimewa)
banner 728x90

SULTENG,– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura menerima laporan Kadis Kebudayaan, Andi Kamal Lembah, terkait realisasi program kerja Sulteng Negeri Seribu Megalit yang berlangsung di Ruangan rapat Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis (7/9/2023).

Dalam laporannya, disampaikan sejak dibentuknya Dinas Kebudayaan Provinsi Sulteng berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sulteng Nomor 10 tahun 2022, pihaknya telah melaksanakan konservasi situs megalit di Sulteng, khususnya di Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi.

Andi Kamal mengakui, telah mengikuti Bimtek penyiapan daftar sementara warisan dunia yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dari 11 provinsi yang diundang, Megalitik Lore Lindu Sulteng berhasil masuk dalam usulan baru. Hal ini sesuai rekomendasi Tim Rekomendasi Unesco, Mr. Richard Adam,E, yang menyampaikan bahwa keberadaan patung-patung megalith yang diestimasi berusia 3000 tahun sebelum masehi ini mempunyai nilai budaya kategori universal dan memberikan kesaksian unik.

“Peradaban ini lebih tua dari situs Megalit Xien Khuang Laos,” katanya.

Berita terkait