Lima Cara Konsumsi Bawang Putih Atasi Diabetes dan Kolesterol Tinggi

  • Whatsapp
Bawang putih. (iStockphoto)
banner 728x90

Jakarta,– Bawang putih termasuk makanan super karena mempunyai banyak manfaat. Sangat baik dikonsumsi rutin untuk kendalikan diabetes dan kolesterol tinggi. Begini cara tepat mengonsumsinya.

Bawang putih banyak digunakan untuk membumbui masakan agar rasanya lezat dan aromanya sedap. Selain untuk masakan, bawang putih juga banyak dikonsumsi sebagai obat herbal.

Dilansir dari Health Shots (17/10), bawang putih bermanfaat bagi penderita diabetes dan kolesterol tinggi. Bahan makanan dengan cita rasa agak pedas dan aromanya kuat ini dapat mengontrol kadar kolesterol dan gula darah jika dikonsumsi rutin.

Berikut lima cara mengonsumsi bawang putih untuk kendalikan diabetes dan kolesterol:

1. Bawang Putih Mentah

Manfaat dari bawang putih juga dapat dirasakan dengan mengonsumsinya secara mentah. Apalagi dalam kondisi perut kosong yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

“Allicin adalah senyawa yang ditemukan dalam bawang putih mentah, dikenal karena khasiatnya dalam menurunkan kolesterol dan mengencerkan darah,” jelas Dr Prasad selaku ahli pengobatan India.

Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih mentah dengan segelas air adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengelola diabetes. Jika khawatir dengan aromanya, bisa mengonsumsi lemon, cuka apel, ataupun air hangat.

Berita terkait