Media Vietnam sebut Naturalisasi Malaysia Tak Berisik Seperti Indonesia

  • Whatsapp
Timnas Indonesia gencar melakukan naturalisasi pemain beberapa waktu belakangan, dan disebut berisik oleh media Vietnam. (CNNIndonesia/Abdul Susila)

Artikel yang diterbitkan pada 20 Desember tersebut memberitakan naturalisasi pemain bernama Romel Morales. Pemain asing di Liga Malaysia itu sudah memenuhi syarat minimal pindah warga negara setelah menetap di Negeri Jiran selama lima tahun.

“Morales adalah salah satu dari delapan pemain asing yang dipanggil Malaysia untuk Piala Asia 2023. Tidak hanya memanggil lebih banyak pemain (8 dibanding 7 pemain Indonesia), Malaysia juga lebih terbuka soal mekanisme naturalisasi.”

“Mereka tidak memilih pemain yang memiliki darah Malaysia. Sepanjang memenuhi kriteria tinggal di negara tersebut selama 5 tahun dan punya hasrat dinaturalisasi, maka pemain tersebut akan mendapat paspor Malaysia,” tulis Soha.

Sebelum Morales, Soha menyebut Malaysia sudah merekrut pemain naturalisasi yang tidak memiliki darah keturunan seperti Ezequiel Aguero, Lee Tuck, Paulo Josue, Natxo Insa, dan Mohamadou Sumareh. ***

Sumber: CNN Indonesia

Berita terkait