Seberapa Aman Mobil Listrik Melewati Banjir?

  • Whatsapp
Toyota Corolla Cross melewati simulasi banjir(TAM)

Semarang,- Pada dasarnya rekomendasi mobil listrik bila terpaksa melibas banjir seperti mobil biasa yakni maksimal ketinggian air setinggi setengah ban. Walau demikian ada beberapa hal di mobil listrik yang perlu diperhatikan.

Misalnya soal desain kemasan baterai, yang penting disimak adalah tentang Ingress Protection (IP), yakni standar internasional tentang ketahanan debu dan kemasukan air pada sebuah produk.

Contohnya pada Neta V, rating IP pada mobil listrik ini diklaim Neta Auto Indonesia yaitu IP68. Artinya kemasan baterai Neta V tahan debu dan tahan terendam air sampai kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit.

“Karena kita sudah IP68, ketahanannya, itu bisa 1,5 meter. tapi tetap bertahannya itu selama 30 menit,” jelas Januar Eka Sapta, Senior Manager After Sales NAI di Semarang, Senin (11/12).

Meski punya kemampuan itu bukan berarti Neta V bisa dipakai sengaja main di lokasi banjir. Jika saja mobil ini terendam banjir 1,5 meter maka air sudah masuk ke kabin dan merusak interior walau baterai dapat dipastikan aman.

Januar memaparkan rekomendasi dia bila membawa Neta V melintasi banjir tak lebih dari ketinggian ban.

Berita terkait