Tiga Parpol Diprediksi Tak Lolos Parlemen Oleh Tiga Lembaga Survei, Nih !! Parpolnya

  • Whatsapp

Editor/Sumber: Faqih Azzura/ CNN.Indonesia

Sejumlah lembaga survei baru-baru ini merilis daftar partai politik diprediksi gagal di Pemilu 2024 untuk masuk DPR RI, Senayan, Jakarta lantaran elektabilitasnya masih di bawah ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar empat persen.

Survei CSIS

Hasil survei terbaru Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan PPP ada di posisi kesembilan dan diprediksi tidak lolos parlemen dengan elektabilitas sebesar 3,5 persen. Kemudian disusul Perindo 1,5 persen, dan PSI 1,3 persen.Di bawah mereka ada enam partai lain yang angkanya di bawah 1 persen, seperti PBB, Gelora, Hanura, Garuda, Ummat, hingga Partai Buruh. 

Sementara survei CSIS menunjukkan elektabilitas PDIP berada di posisi puncak dengan 16,4 persen. Mengungguli Gerindra di posisi kedua dengan 14,6 persen. Di posisi ketiga ada Golkar dengan 11,9 persen,

Survei CSIS dilakukan dengan metode wawancara tatap muka pada 13-18 Desember 2023. Survei ini menggunakan 1.300 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Berita terkait