Tindak Lanjuti Kerjasama Pengembangan Durian, Ini Harapan Asisten II

  • Whatsapp

Palu,– Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Rudi Dewanto secara langsung memimpin rapat terkait kerjasama pengembangan durian di Kabupaten Parigi Moutong.

Di kesempatan tersebut, Asisten II Rudi Dewanto mengatakan, untuk menindaklanjuti surat dari Kemenko Maritim dan Investasi kepada Gubernur Sulteng, bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah agar dapat mengusahakan lahan dengan luasan sekitar 3.000 Ha untuk pengembangan durian.

Hal ini mengingat bahwa Provinsi Sulawesi Tengah sudah terkenal sebagai penghasil durian, sehingga durian tersebut dapat dikembangkan lagi, tidak hanya untuk  pasar nasional namun bisa sampai pasar  internasional atau komoditas ekspor.

“Durian Montong Parigi Moutong sudah dikenal secara nasional bahkan internasional,” ujar Rudi, di ruang rapat Asisten II, Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin (8/01/2024).

Dalam penjelasannya, bahwa khusus untuk wilayah Kabupaten Parigi Moutong yang selama ini memiliki komoditas unggulan di antaranya durian, maka ke depan perlu dikembangkan komoditas unggulan durian tersebut untuk menjadi agro wisata.

“Untuk itu perlu terus mempromosikan komoditas ini pada pasar yang  lebih luas,” ujarnya.

Hadir pada rapat tersebut, Tenaga Ahli Gubernur, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kehutanan, beberapa kepala OPD dari Pemda Kabupaten Parigi Moutong dan pejabat terkait lainya di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. ***

Berita terkait