CEO Apple Tim Cook Temui Prabowo, Ini yang Dibahas

  • Whatsapp
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) bertemu dengan CEO Apple Tim Cook (kanan) di kantor Kementerian Pertahanan RI, Rabu, 17 April 2024. Sumber: ANTARA

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. “Presiden juga sampaikan satu ide agar di luar membentuk Apple Development Academy, juga bikin inovasi centre bekerja sama dengan top university yang ada di Indonesia,” ucapnya di Istana Kepresidenan.

Agus menjelaskan, Tim Cook pun sangat menginginkan agar perluasan Apple Academy dapat terus dilakukan.

Hingga kini Apple telah berinvestasi senilai Rp 1,6 triliun untuk pembangunan Apple Development Academy yang merupakan program pelatihan talenta digital untuk mengembangkan aplikasi Apple. Program itu sudah ada di empat lokasi, yakni BSD Tangerang, Surabaya, Batam, serta yang terbaru di Bali.

Fasilitas pengembangan SDM yang dilakukan Apple melalui Apple Academy tersebut, kata Agus, merupakan hasil dari kesepakatan Pemerintah Indonesia dengan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat. Fasilitas ini adalah bagian dari pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 35 persen untuk perangkat handphone, komputer genggam dan tablet (HKT).

Lebih jauh, kata Agus, Presiden Jokowi menilai pengembangan kapasitas SDM melalui Apple merupakan investasi yang tidak kalah pentingnya selain pembangunan pabrik di Indonesia.

Tak hanya itu, Pemerintah Indonesia dan pihak Apple pun sudah sepakat membangun manufaktur yang diperlukan agar Indonesia menjadi pemain dari rantai pasok Apple di dunia. ***

Sumber: tempo.co

Berita terkait